Lantamal XIII Launching Sekolah Sepak Bola Kaltara FC

Oleh: Eldwin Sinaga 30 November 2018 | 21:05 WIB

Bisnis.com, TARAKAN – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIII Tarakan resmi me-launching Sekolah Sepak Bola (SSB) yang diberi nama Kaltara FC pada Rabu (29/12) siang di Stadion Datu Adil. 

Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama Judijanto mengatakan, rencana pembentukan SSB Kaltara FC berawal dari hobi yang dia gandrungi. Juga, kata dia, keinginannya untuk memajukan sepak bola Kaltara.

“Saya ingin dengan adanya sepak bola ini, adik-adik kita yang masih muda-muda bisa dibina, diarahkan, tidak ke mana-mana dan ada pelatih yang baik. Kemudian ada satu skema pembinaan mulai dari yang kecil sampai dengan yang dewasa,” ujar Judijanto usai peresmian SSB.

Dia menuturkan, akan ada klub sepak bola dari Kaltara yang akan masuk di liga 3. Sebab, potensi sepak bola di Kaltara sangat besar, salah satunya karena menjadi provinsi yang masih baru. Lebih lanjut, inisiatifnya membuka SSB bukan tanpa ada alasan yang mendasar. Sebab, dia akui, hatinya sangat tergugah untuk memajukan sepak bola di Kaltara.

“Padahal, selama ini fasilitas kita sudah ada, seperti lapangan bola stadion Datu Adil dan lapangan sepak bola yang lainnya sebagai tempat untuk mengasah skil,” bebernya.

Dia juga mengatakan, jangan jadikan minimnya anggaran menjadi alasan tidak majunya sepak bola di Kaltara. yang paling terpenting ada insiatif, niat dan kemauan untuk sama-sama memajukan dunia sepak bola di Kaltara. setelah mendapatkan dukungan dari pemerintah, lalu diresmikanlah SSB Kaltara FC.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltara untuk bersama Lantamal XII Tarakan, pemerintah dan pihak terkait untuk bangun bersama dunia sepak bola di Kaltara yang ciamik dan mendunia. Dia juga mengatakan akan menjadikan Kaltara sebagai karakter bangsa.

“Dan itu bisa dibina sejak kecil. Caranya dengan membuka sekolah sepak bola di Kaltara,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini antusiasme masyarakat Kaltara sangat tinggi bergabung bersama SSB Kaltara FC. Sedangkan pelatih, Lantamal XIII Tarakan langsung mendatangkan dari pulau Jawa dan akan dibantu pelatih lokal.

“Mulai pekan depan kami akan berlatih minimal 3 kali seminggu. Dan pendaftarannya pun sudah dibuka untuk umum, baik manual maupun online,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltara Udin Hianggio turut mendukung atas terbentuknya SSB Kaltara FC di Tarakan. Udin mengatakan, masyarakat Kaltara wajib membangun dan menjaga besama dunia sepak bola di Kaltara. Sepak bola wajib memasyarakat di Kaltara. Artinya menjadi hobi yang memasyarakat di Kaltara.

“Kami harapkan, akan timbul bibit-bibit sepak bola yang baru. Dan dapat mengharumkan nama Kaltara,” ucap Udin.

Dia juga berharap, ada perwakilan pesepak bola dari Kaltara nanti yang dapat bermain di kanca nasional maupun internasional. Menurutnya, pembentukan SSB Kaltara FC ini sangat positif sekali.

“Mari kita bangun olahraga di Kaltara,” cetusnya

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya