Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Populasi Menyusut, Seruyan Tebar Bibit Ikan di Danau & Sungai

Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menebar bibit ikan (restocking) di sejumlah danau dan sungai guna meningkatkan populasi.
Ikan patin/Antara
Ikan patin/Antara

Bisnis.com, PALANGKA RAYA – Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menebar bibit ikan (restocking) di sejumlah danau dan sungai guna meningkatkan populasi.

"Restocking cara ampuh meningkatkan populasi ikan akibat aktivitas penangkapan yang dilakukan terus menerus khususnya di perairan umum," kata Plt. Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Seruyan Agus Supriadi di Kuala Pembuang, ibu kota Seruyan, pada Selasa (11/12/2018).

Benih ikan itu ditebar di perairan Kecamatan Hanau meliputi 3.280 ikan jelawat, 1.100 gurame, dan 4.780 patin. Sementara itu di perairan Kecamatan Seruyan Tengah meliputi 4.150 jelawat dan 2.300 patin.

Sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan di perairan Danau Papudak dan daerah lainnya, dengan jumlah benih yang ditebar lebih dari 35.000 ekor, terdiri dari jenis ikan gurame, baung, dan patin.

"Usai penebaran benih, Dinas Perikanan secara rutin melakukan pengawasan dan evaluasi. Hasilnya, selang beberapa waktu kemudian hasil tangkapan nelayan meningkat dan didominasi ikan jenis yang sama dengan benih yang ditebar," ujarnya.

Dia mengutarakan pemanfaatan sumber daya alam yang berada di perairan umum melalui kegiatan penangkapan dan budi daya terus meningkat. Dampaknya, ada kecenderungan aktivitas tangkap tidak seimbang dengan pertumbuhan populasi ikan.

Data persentase penurunan belum dimiliki. Tetapi secara nyata terlihat dari penyusutan hasil tangkapan nelayan di sejumlah daerah. Namun, lanjut dia, Dinas Perikanan melakukan evaluasi menggunakan data kegiatan 2 hingga 3 tahun terakhir.

Seperti di kawasan Kecamatan Seruyan Tengah, meski memiliki perairan yang cukup luas, nelayan mengeluh karena hasil tangkapannya menurun drastis. "Padahal dulunya ikan jenis jelawat maupun patin sangatlah melimpah di situ."

Kondisi tersebut membuktikan sumber daya ikan mulai mengalami penurunan. Hal ini menjadi indikator, utama dilakukannya penebaran benih ikan agar populasinya menjadi normal kembali.

"Setiap kawasan yang akan kami restocking, terlebih dulu dilakukan evaluasi terhadap data aktivitas tangkapan ikan oleh nelayan selama beberapa waktu terakhir agar kegiatan ini tepat sasaran dan benar-benar efektif," kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper