Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Guncang Luwu Timur

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika merilis pada Kamis malam (11/1/2018) terjadi gempa bumi di bagian timur Provinsi Sulawesi Selatan, yakni di Kabupaten Luwu Timur.
Ilustrasi gempa/Antara
Ilustrasi gempa/Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika merilis pada Kamis malam (11/1/2018) terjadi gempa bumi di bagian timur Provinsi Sulawesi Selatan, yakni di Kabupaten Luwu Timur.

"Tepat pada pukul 17:42:26 Wita telah terjadi gempa bumi tektonik di wilayah bagian Timur Provinsi Sulawesi Selatan," ujar Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, A. Fachri Radjab di Makassar.

Melalui rilis yang dikirimkan BMKG tersebut, pusat gempa yang berada berada di darat pada jarak 15 kilometer dengan kedalaman 18 kilometer di sebelah Timur Kota Sorowako Kabupaten Luwu Timur dan dirasakan di Sorowako dan Malili.

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa dengan kekuatan 3,3 Skala Richter (SR) itu berada di koordinat episenter 2.45 lintang selatan (LS) dan 121.14 bujur timur (BT).

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano," katanya.

Dia menyebutkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Sorowako : I SIG-BMKG (I - II MMI). Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang.

"Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang berarti," ucapnya.

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG menunjukan belum terjadi gempa bumi susulan dan belum ada laporan kerusakan.

"Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut, masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper