Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Memilih Mobil Tepat di Kota Padat

Saat Anda berencana membeli sebuah mobil baru, ada baiknya mempertimbangkan lingkungan tempat tinggal. Pertimbangkanlah kondisi dan kepadatan jalan yang biasa Anda lalui, apakah itu di daerah perkotaan atau perdesaan.
Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Raya Kalibata, Jakarta, Selasa (29/8)./ANTARA-Aprillio Akbar
Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Raya Kalibata, Jakarta, Selasa (29/8)./ANTARA-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Saat Anda berencana membeli sebuah mobil baru, ada baiknya mempertimbangkan lingkungan tempat tinggal. Pertimbangkanlah kondisi dan kepadatan jalan yang biasa Anda lalui, apakah itu di daerah perkotaan atau perdesaan.

Bagi Anda yang tinggal di kota sibuk seperti Jakarta, sebenarnya opsi yang paling masuk akal untuk berkendara secara praktis dan efisien adalah dengan menggunakan city car. Sayangnya, segmen mobil ini masih belum banyak diminati oleh warga Ibu Kota.

Padahal, menggunakan city car adalah pilihan tepat untuk memarkir kendaraan dengan lebih mudah, menghadapi jalanan yang selalu diimpit kemacetan, maupun memacu kendaraan di tengah hiruk pikuk warga urban.

Ada banyak kendaraan city car yang memiliki performa tak kalah tangguh dengan SUV yang bisa dipilih untuk penggunaan sehari-hari. Apa sajakah mobil-mobil kota pilihan tersebut? Berikut rekomendasi dari Autotrader untuk Anda:

Peugeot 108

Mobil ini adalah salah satu city car terbaik dengan harga yang paling terjangkau di kelasnya. Sebagai pembanding, mobil ini adalah yang terbaik dari kendaraan kota lain di levelnya seperti Citroen C1 atau Toyota Aygo.

Memilih Mobil Tepat di Kota Padat

Dibandingkan dengan kompetitornya, Peugeot 108 adalah yang paling irit bahan bakar. Tidak hanya itu, dimensinya yang mungil ditunjang dengan setir yang ringan dan mesin praktis 1,0 liter. Di Eropa, mobil ini banyak disukai karena biaya pajak, asuransi, dan servisnya yang terjangkau.

VW Up

Jika Anda menyukai city car dengan cita rasa kendaraan mewah, VW Up adalah jawabannya. Mobil ini memiliki spesifikasi sekelas Skoda Citigo dan Seat Mii. Bersama dengan VW Up, ketiga kendaraan tersebut adalah city car yang paling nyaman untuk dikendarai.

Memilih Mobil Tepat di Kota Padat

Mobil ini terasa sangat mulus saat dikemudikan, dan memberikan kenyamanan ekstra meskipun kondisi jalanan tidak rata. Setirnya sangat ringat tetapi tetap responsif, serta mesinnya tiga silindernya sangat halus dan tidak berisik.

Renault Zoe

Khusus bagi Anda yang menginginkan kepraktisan ekstra, mobil elektrik seperti Renault Zoe dapat menjadi pilihan tepat. Dengan sistem sepenuhnya elektrik, mobil ini membuat perjalanan jarak jauh di perkotaan terasa lebih dekat.

Memilih Mobil Tepat di Kota Padat

Mobil ini dinobatkan sebagai salah satu kendaraan elektrik terbaik pada tahun lalu. Apalagi, dengan proporsinya yang mungil, kendaraan ini sangat cocok untuk digunakan di areal perkotaan yang ekstra padat dan langganan macet.

Keunggulan Renault Zoe adalah mesinnya yang halus, serta sistem kemudinya yang sangat mudah dioperasikan. Dalam keadaan baterai normal, kendaraan ini dapat dipacu dengan mudah hingga pada jarak tempuh 180 mil.

Dacia Sandero Stepway

Salah satu keunggulan Dacia Sandero adalah harganya yang lebih miring dibandingkan dengan kebanyakan city car. Namun, untuk sebuah kendaraan urban, mobil ini tergolong cukup besar tetapi tetap praktis dikendarai.

Memilih Mobil Tepat di Kota Padat

Karena ukurannya yang relatif lebih besar dibandingkan city cars lain, mobil ini memberikan keleluasaan lebih pada penumpang untuk memuat banyak barang di bagasi. Tidak hanya itu, mobil ini juga bisa difungsikan sebagai kendaraan keluarga kecil.

Desainnya yang mirip dengan SUV juga banyak disukai. Sementara itu, suspensinya yang tinggi membuat kendaraan ini nyaman dikendarai di lingkungan urban yang hiruk pikuk.

Smart Fortwo Cabriolet

Bisa dibilang, ini adalah kendaraan pintar yang sangat stylish. Bagian atapnya dapat dibuka layaknya mobil convertible. Ukurannya juga sangat kecil dan minimalis, sehingga hanya dapat memuat dua penumpang.

Memilih Mobil Tepat di Kota Padat

Keunggulannya, Anda dapat dengan lebih leluasa memarkirkan mobil ini di lahan yang sempit sekalipun. Tidak hanya itu, Anda tidak akan kesulitan bermanuver di tengah jalanan perkotaan yang sibuk.

Meskipun bertubuh mungil, mobil ini dilengkapi dengan mesin turbocharged yang cukup tangguh. Tidak mengherankan jika harga jualnya terbilang cukup mahal. Namun, hal itu sebanding dengan banyaknya manfaat yang bisa Anda peroleh untuk kenyamanan berkendara di kota yang sibuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper