Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimalkan Penjualan Online, Komunitas Bukalapak Gelar Kopdar Gabungan

Komunitas Bukalapak Kalimantan Timur mengadakan Kopdar gabungan demi mengoptimalkan penjualan online bagi para pelapak. Kopdar ini merupakan gabungan para pelapak dari kota Balikpapan, Bontang, dan Samarinda.
Kegiatan Kopada Bukalapak di Samarinda, Kaltim./Bisnis-M Yamin
Kegiatan Kopada Bukalapak di Samarinda, Kaltim./Bisnis-M Yamin

Bisnis.com, SAMARINDA - Komunitas Bukalapak Kalimantan Timur mengadakan Kopdar gabungan demi mengoptimalkan penjualan online bagi para pelapak. Kopdar ini merupakan gabungan para pelapak dari kota Balikpapan, Bontang, dan Samarinda.

Samarinda dipilih sebagai tempat pelaksanaan kopdar karena dianggap paling srategis, diapit Balikpapan dan Bontang. Acara ini dihadiri 50 pelapak dari Kalimantan Timur.

Kopdar ini juga menghadirkan salah satu partner logistik Bukalapak yaitu TIKI, yang membahas mengenai pengemasan barang dengan baik.

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak mengatakan kopdar gabungan ini dibuat untuk memperluas jejaring bisnis sesama pelapak di Kalimantan Timur.

Optimalkan Penjualan Online, Komunitas Bukalapak Gelar Kopdar Gabungan

Peserta Kopdar Gabungan Bukalapak/M. Yamin

"Pengalaman tentang bagaimana menulis judul dan mengambil foto produk dengan baik menjadi materi yang ditunggu para peserta kopdar," kata Fikri.

Dikatakan Fikri, peserta antusias mengikuti bedah lapak dan praktik langsung yang disampaikan oleh kolaborasi para ranger dari Samarinda, Balikpapan dan Bontang.

Mayoritas barang yang dijual pelapak di Kalimantan Timur adalah aksesoris dan kerajinan seperti kalung, gelang, tas. Kendala logistik yang mereka alami adalah kondisi paket yang tidak rapi sehingga sering mendapat respons negatif dari pembeli karena barang rusak pada saat pengiriman.

Handry Setiawan, Pimpinan TIKI Samarinda, mengatakan pihaknya turut mendukung misi Bukalapak untuk memajukan UKM di seluruh Indonesia.

"Berkontribusi sebagai mitra logistik, kami menyediakan berbagai layanan pengiriman yang bisa digunakan untuk memaksimalkan bisnis online dari para pelapak di Bukalapak," kata Handry.

Kualitas kemasan dan ketepatan waktu penerimaan barang pesanan oleh pengguna, menurut Handry, adalah hal penting yang harus diperhatikan.

TIKI sebagai salah satu mitra logistik Bukalapak juga turut serta memberikan dukungan dan materi kepada para peserta kopdar. Materi tentang pengemasan barang yang baik agar konsumen merasa puas ketika menerima barang pesanan disampaikan oleh perwakilan TIKI Kalimantan Timur.

Komunitas Bukalapak yang tersebar di lebih dari 83 kota seluruh Indonesia merupakan inisiatif dari para pelapak Bukalapak sendiri. Hingga saat ini jumlah pelapak telah mencapai lebih dari 3 juta.

“Konsep gotong royong dan kolaborasi di Bukalapak kami wujudkan melalui sejumlah kegiatan bermanfaat seperti kopdar Komunitas Bukalapak ini. Kami dengan tangan terbuka menyambut dukungan berbagai pihak yang mempunyai cita-cita yang sama dengan kami, yaitu untuk menaikkelaskan masyarakat Indonesia,” tutup Muhammad Fikri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper