Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kaltara Luncurkan Aplikasi Sifordadu

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara meluncurkan aplikasi Sistem Informasi dan Data Terpadu (Sifordadu) di Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, Selasa (22/5/2018).
Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan Prsiden Joko Widodo/Istimewa
Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan Prsiden Joko Widodo/Istimewa

Bisnis.com, TARAKAN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara meluncurkan aplikasi Sistem Informasi dan Data Terpadu (Sifordadu) di Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, Selasa (22/5/2018).

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan Sifordadu adalah sebuah aplikasi untuk menghimpun data dan informasi secara terpadu yang dibuat oleh Biro Humas dan Protokol Sekretariat Provinsi Kaltara.

“Saya mengapresiasi atas diluncurkannya aplikasi ini. Tak hanya bermanfaat bagi pemerintah daerah, aplikasi ini juga bermanfaat bagi masyarakat luas. Terutama dalam hal mendapatkan pelayanan dan informasi,” katanya melalui rilisnya hari ini Rabu (23/5/2018).

Dia menambahkan di era digital, aplikasi seperti ini sangat diperlukan. Di mana hampir semua aktivitas manusia bergantung pada teknologi. Termasuk teknologi informasi. “Dengan teknologi informasi memberikan banyak kemudahan. Baik dalam hal ekonomi, sosial, budaya, hingga keamanan dan pertahanan. Sekarang bisa jadi orang tidak perlu punya kantor besar-besar. Bekerja bisa dilakukan di mana saja. Cukup lewat laptop atau smartphone, semua bisa dilakukan,” ujar Irianto.

Dia berpesan agar aplikasi ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tak hanya kepada Biro Humas dan Protokol selaku instansi pembuat aplikasi, karena ini melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diharapkan ada sinergi di antara semua OPD.

“Jangan ada ego. Walaupun yang mengelola adalah Biro Humas, bukan berarti ini pekerjaan Humas sendiri. Ini adalah Pemprov Kaltara. Jadi semua harus saling sinergi, saling membantu,” ungkapnya.

Terkait dengan pengumpulan data, Gubernur menegaskan agar semua OPD lebih terbuka dan transparan dalam memberikan data dan informasi uptodate yang diperlukan. Baik itu data program yang direncanakan, yang sedang dilaksanakan maupun data hasil kegiatan.

“Data-data itu sangat penting. Karena masyarakat perlu mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh Pemprov Kaltara dan apa hasilnya. Ini juga sebagai bentu transparansi. Nah data-data itu bisa dihimpun melalui aplikasi ini, yang nantinya dikelola oleh biro humas,” ucapnya. 

Hadir dalam acara peluncuran atau launching Sifordadu kemarin, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio, para pimpinan OPD dan Biro, serta staf yang membidangi masalah pengumpulan data di masing-masing OPD. Di samping itu, turut hadir juga perwakilan dari media massa yang ada di Kaltara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eldwin Sangga
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper