Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebun Kelapa Sawit Rakyat di Kalteng Diremajakan

BPDPKS akan mengucurkan anggaran untuk peremajaan perkebunan kelapa sawit rakyat di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.
Ilustrasi: Petani memindahkan kelapa sawit hasil panen ke atas truk./JIBI-Rachman
Ilustrasi: Petani memindahkan kelapa sawit hasil panen ke atas truk./JIBI-Rachman

Bisnis.com, KUALA PEMBUANG, Kalteng - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan mengucurkan anggaran untuk peremajaan (replanting) perkebunan kelapa sawit rakyat di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

"Anggaran yang akan dikucurkan untuk peremajaan sebesar Rp39,3 miliar," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, Sugian Noor, di Kuala Pembuang, ibu kota Kabupaten Seruyan.

 Mantan Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Seruyan ini menyebutkan replanting dilakukan pada lahan perkebunan sawit seluas 1.573 hektare di tiga desa di Kecamatan Seruyan Tengah, yakni Suka Rejo, Bumi Jaya, dan Suka Makmur.

Selain tiga desa tersebut, lanjutnya, khusus untuk Desa Maju juga akan mendapat bantuan peremajaan tapi pada 2019.

Bantuan dana peremajaan itu diberikan kepada koperasi sebesar Rp25 juta per hektare yang digunakan untuk penebangan, pengolahan lahan perkebunan, bibit, pupuk, serta obat-obatan.

“Perkebunan sawit yang diremajakan saat ini dikelola melalui koperasi dengan usia rata-rata sudah di atas 20 tahun," ujarnya.

Dia menambahkan dana bantuan peremajaan kebun sawit rakyat akan terus diberikan secara bertahap dengan tujuan meringankan beban petani dalam proses peremajaan kebunnya.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan, terdapat sedikitnya 2.981 petani swadaya kelapa sawit yang tersebar di enam kecamatan dengan luas 6.657,9 hektare, yakni Kecamatan Seruyan Hilir, Seruyan Hilir Timur, Danau Seluluk, Hanau, Batu Ampar, dan Seruyan Tengah.

Selanjutnya, petani swadaya yang telah dipetakan akan dimasukkan ke dalam sistem monitoring daerah yang disebut Sistem Informasi dan Pemantauan Kinerja Perkebunan Berkelanjutan (Sipkebun).

"Data petani sawit swadaya yang ada dalam Sipkebun akan menjadi basis data bagi pemerintah daerah dalam membuat keputusan strategis untuk membantu petani, termasuk program replanting, yang tujuannya adalah untuk mensejahterakan petani itu sendiri," kata Sugian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper