Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemupukan yang Seimbang Dapat Tingkatkan Produksi Hingga 30%

Program pendampingan terhadap petani melalui demonstration plot (Demplot) oleh PT Pupuk Kalimantan Timur bagi para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tani Makmur berhasil meningkatkan produksi hingga sebesar 30%.
Manajemen PT Pupuk Kalimantan dan Pemkab Jember menggelar panen raya hasil Demplot di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember./JIBI-Istimewa
Manajemen PT Pupuk Kalimantan dan Pemkab Jember menggelar panen raya hasil Demplot di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Program pendampingan terhadap petani melalui demonstration plot (Demplot) oleh PT Pupuk Kalimantan Timur bagi para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani “Tani Makmur” berhasil meningkatkan produksi hingga sebesar 30%.

Dalam rilis yang diterima Bisnis.com Minggu (22/7), Demplot tersebut dibuat di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Sejak awal pendampingan pasca sosialisasi Demplot yang dilaksanakan, para petani berhasil mencapai optimalisasi panen gabah melalui penggunaan pupuk Urea dan NPK Pelangi dengan pola pemupukan berimbang di atas lahan seluas 1 hektare.

Keberhasilan itu ditandai dengan Panen Raya yang dilakukan langsung Direktur Komersil Pupuk Kaltim Gatoet Gembiro Noegroho bersama Pemerintah Kabupaten Jember melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Jember Edy B. Susilo pada Sabtu (21/7) pagi.

Pada kesempatan itu, Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Jember Sucipto mengatakan pendampingan dan pembuatan demplot oleh Pupuk Kaltim memaksimalkan potensi pertanian yang ada di Kabupaten Jember. Penggunaan produk Pupuk Kaltim dengan pola yang seimbang menghasilkan peningkatan produktivitas hingga 30% dari biasanya.

Tercatat, ada dua jenis padi dengan hasil maksimal, yaitu varietas Sertani 9 yang mencapai 9,5 ton per hektare dan Logawa dengan 10,6 ton per hektare. "Hasilnya sangat memuaskan dan betul terlihat dari 30% peningkatan hasil yang kami capai dari sebelumnya," ujar Sucipto.

Dari peningkatan hasil produksi tersebut—apabila dikonversi sebagai pendapatan—tiap hektare memiliki selisih peningkatan hasil antara Rp9 juta hingga Rp14 Juta.

Selain itu, penggunaan produk Pupuk Kaltim pun terbilang lebih hemat, dengan dosis yang jauh lebih kecil diimbangi pola pemupukan yang sesuai, sehingga bibit yang ditebar sejak umur produktif, menampakkan hasil yang nyata. "Ini salah satu hal yang sangat kami apresiasi, dengan dosis yang kecil namum berimbang, hasil yang didapatkan langsung meningkat signifikan," tuturnya.

Tak hanya untuk varietas padi, penggunaan Urea dan NPK dari Pupuk Kaltim juga sangat sesuai untuk jenis tanaman kubis yang dalam waktu dekat juga turut dipanen. Dirinya mengaku menggunakan jenis Pupuk Non Subsidi untuk Urea dan NPK Pelangi, dengan komposisi 6 Kwintal Urea serta 4 Kwintal NPK untuk lahan seluas 1 hektare.

Begitu pula untuk hasil, juga dinilai jauh lebih maksimal dibanding menggunakan pupuk subsidi, yang bisa mencapai 1 ton lebih hanya untuk jenis Urea pada lahan dengan luasan yang sama. "Hasilnya juga demikian, saat menggunakan pupuk yang dulu (subsidi) tiap bungkul maksimal hanya 2 Kilogram. Tapi dengan produk non subsidi Pupuk Kaltim, pada umur 65 hari saja sudah jauh lebih besar dan berat bersih kami prediksi di atas 3 kilogram," terang Sucipto.

Pria yang juga Ketua Kelompok Tani "Tani Makmur" ini pun optimis peningkatan hasil akan jauh lebih besar dengan penggunaan produk Pupuk Kaltim secara sesuai, mengingat demplot yang selama ini dilaksanakan menampakkan hasil yang sesuai. "Petani disini sudah mulai memahami dan produk Pupuk Kaltim sangat kami akui kualitasnya. Terutama untuk non subsidi, meski harga lebih tinggi tapi sebenarnya lebih hemat untuk pemakaian. Dan hasil pun juga sangat jauh perbandingannya," tambahnya.

Sementara Edy B Susilo, mewakili Bupati Jember Faida MMR, sangat mengapresiasi upaya Pupuk Kaltim dalam memaksimalkan peningkatan kualitas hasil pertanian masyarakatnya.

Dirinya mengaku akan terus mendorong pemerintah daerah untuk dapat mengintensifkan pemupukan yang sesuai, ditopang ketersediaan pupuk bagi petani di Kabupaten Jember.Terlebih dari Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) dari tahun ke tahun, kebutuhan pupuk bagi kawasan pertanian di Jember terus mengalami peningkatan dan hal ini yang diharap dapat didukung dengan keberadaan Pupuk Kaltim.

"Atas nama Pemerintah Daerah, kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas Demplot yang dilakukan melalui sinergi bersama Pupuk Kaltim di Jember ini. Semoga ke depan upaya ini dapat terus berjalan guna mendorong peningkatan produksi pertanian," ungkapnya.

Direktur Komersil Pupuk Kaltim Gatoet Gembiro Noegroho menyebut akan terus berupaya untuk memaksimalkan penyebaran Pupuk bagi kawasan yang menjadi tanggungjwab prioritas Pupuk Kaltim. “Dengan demplot ini, kami ingin menunjukkan jika produk Pupuk Kaltim berkualitas dan bermutu tinggi. Hasil pun bisa dilihat langsung para petani dengan pola pemupukan berimbang," paparnya.

Melalui demplot yang dilaksanakan, petani bisa melihat langsung hasil yang didapat dengan menggunakan produk Pupuk Kaltim, agar ke depan dapat diterapkan secara merata pada seluruh kawasan pertanian yang ada.

Upaya ini pun bentuk komitmen dan perhatian Pupuk Kaltim sebagai bagian dari BUMN di bawah naungan PT Pupuk Indonesia (Persero) dalam mendorong kesejahteraan petani menuju swasembada pangan di Indonesia. "Dengan peningkatan hasil pertanian secara signifikan, secara tidak langsung akan turut meningkatkan kesejahteraan petani kita. Itu salah satu tujuan besarnya," ungkap Gatoet.

Pupuk Kaltim lanjut dia, akan melaksanakan demplot bagi kawasan lainnya, agar pola pemupukan dari pembibitan yang sesuai dapat turut dirasakan seluruh petani, ditopang penggunaan produk pupuk berkualitas. "Harapan kami demplot ini bisa menjadi contoh bagi petani lainnya dan bisa mendapat hasil yang juga meningkat sesuai harapan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper