Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi Avtur Naik Selama Haji, Pertamina MOR VI Jamin Amankan Pasokan

Penerbangan haji pada tahun ini melalui Embarkasi Balikpapan meningkatkan konsumsi avtur hingga mencapai 45% dibandingkan dengan kondisi normal.
Pekerja beraktivitas di Depot Pengisian Pesawat Udara./JIBI-Nurul Hidayat
Pekerja beraktivitas di Depot Pengisian Pesawat Udara./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Penerbangan haji pada tahun ini melalui Embarkasi Balikpapan meningkatkan konsumsi avtur hingga mencapai 45% dibandingkan dengan kondisi normal.

Aviation Manager Regional Kalimantan PT Pertamina (Persero) Delfi mengatakan konsumsi avtur pada hari biasa di Bandara Sepinggan Balikpapan mencapai 360 kiloliter per hari. "Kalau dibandingkan dengan konsumsi harian, ada peningkatan. Tapi ini memang terjadi setiap tahun," ujarnya, Kamis (27/7).

Delfi menambahkan penerbangan haji melalui Embarkasi Sepinggan Balikpapan tahun ini hanya dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia. Penerbangan keberangkatan kelompok terbang (Kloter) pertama dijadwalkan pada Jumat (27/7).

Untuk fase keberangkatan, kata Delfi, pesawat jenis Boeing 747-400 memerlukan avtur sekitar 50 kiloliter. Pesawat tersebut transit di Padang sebelum kemudian melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi.

Adapun, untuk penerbangan fase kepulangan, kebutuhan avtur lebih banyak karena pesawat tidak transit di Padang. "Menggunakan Airbus, pesawat langsung tanpa transit sehingga kebutuhan avturnya juga lebih banyak sekitar 80 kiloliter," tuturnya.

Sebelumnya, Region Manager Communication & CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha mengatakan pihaknya menyiapkan 2.070 KL avtur yang terdiri dari 567 KL untuk fase 1 pemberangkatan dan 1505 KL untuk kebutuhan fase 2 kepulangan.

"Angka kesiapan alokasi tersebut mengalami peningkatan 11% dari konsumsi musim haji 2017," tuturnya.

Pertamina memiliki tiga tangki timbun untuk mendukung operasional kebutuhan avtur di Bandara Sepinggan dengan kapasitas tangki masing - masing 500 kiloliter. Selain itu, armada truk tangki atau refueler sebanyak tujuh unit. Adapun, lima unit tangki berkapasitas 25 kiloliter sementara dua unit lainnya berkapasitas 40 kiloliter.

Pertamina juga sudah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Garuda Indonesia serta Gapura Angkasa.

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia Branch Office Balikpapan Boydike Kussudiarso mengatakan semua persiapan untuk melayani jemaah beribadah haji melalui Embarkasi Balikpapan sudah berjalan sesuai rencana.

"[Jumat] dini hari pesawat akan datang kemudian kami lakukan persiapan untuk terbang esok hari," katanya.

Boydike menyebutkan langkah antisipasi juga dari sisi operasional juga sudah disiapkan untuk memastikan ketepatan jadwal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sophia Andayani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper