Lapangan Kerja Pertambangan Batubara Dongkrak Ekonomi Kaltara

Perekonomian Kalimantan Utara diprediksi pada kuartal IV/2018 tumbuh sebesar 7,10%-7,50% year on year (y-o-y).
Yanuarius Viodeogo | 10 September 2018 20:05 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Perekonomian Kalimantan Utara diprediksi pada kuartal IV/2018 tumbuh sebesar 7,10%-7,50% year on year (y-o-y). 

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengatakan, peningkatan ekonomi Kaltara yang diperkirakan tumbuh lebih baik dibandingkan dengan kuartal sebelumnya itu dipacu oleh peningkatan kinerja lapangan usaha pertambangan dan konstruksi. 

"Khusus dari lapangan usaha pertambangan, komoditas batubara, diyakini akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Kaltara," kata Irianto dari siaran pers Pemprov Kaltara, Senin (10/9). 

Kinerja pertambangan, menurutnya, diperkirakan membaik yang didorong kenaikan volume produksi batubara yang turut didukung oleh tren penguatan harga batubara.

Irianto mengatakan, beberapa pelaku usaha pertambangan di wilayah Kaltara tetap optimis peningkatan produksi sejalan dengan membaiknya harga batubara sejak tahun lalu. 

Selain itu, imbuhnya, percepatan pembangunan infrastruktur pun tetap menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di provinsi ini. 

"Bank Indoneaia memprediksi, akselerasi pembangunan infrastruktur oleh pemerintah daerah diperkirakan akan tetap tinggi pada kuartal IV/2018 ini," ujarnya. 

Tag : batubara, kaltara
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top