Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Larungan Telaga Ngebel & Harapan di Tahun Baru Hijriyah

Larungan Telaga Ngebel memiliki makna spiritualitas tinggi bagi masyarakat Ponorogo.
Larung di Telaga Ngebel./JIBI
Larung di Telaga Ngebel./JIBI

Bisnis.com, PONOROGO — Larungan Telaga Ngebel memiliki makna spiritualitas tinggi bagi masyarakat Ponorogo, khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan Telaga Ngebel. Larungan ini menjadi bentuk rasa syukur masyarakat atas kenikmatan yang telah diberikan Tuhan selama satu terakhir.

Larungan di Telaga Ngebel ini menjadi salah satu agenda budaya yang setiap tahun digelar yaitu setiap tanggal 1 Sura atau tahun baru Hijriyah. Sebelum tradisi larungan digelar, malam harinya masyarakat uga menggelar ritual di kawasan Telaga Ngebel dengan menyalakan sekitar seribu obor.

Ketua Panitia Larungan Telaga Ngebel, Suryadi, mengatakan tradisi larungan saat 1 Sura sudah menjadi tradisi. Ada makna yang terkandung dalam tradisi yang telah turun temurun itu. Seperti adanya dua tumpeng agung yang dikirab mengelilingi telaga. Itu merupakan bentuk rasa sukyur atas rahmat dari Tuhan.

Dari dua tumpeng yang disediakan, satu tumpeng dilarung ke telaga dan satu tumpeng berisi buah dan sayuran diperebutkan masyarakat. Sedangkan delapan tumpeng kecil seluruhnya diperebutkan masyarakat.

“Ini menjadi bentuk rasa syukur terhadap kenikmatan yang diberikan Tuhan. Tadi malam kami juga melakukan ritual dengan menyalakan seribu obor dan berziarah di makam kuna yang ada di Ngebel,” jelas dia.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan satu tumpeng dilarung di Telaga Ngebel ini memiliki arti supaya seluruh kotoran dan sifat-sifat buruk rontok saat memasuki tahun baru.

Ipong menyebut antusiasme masyarakat untuk melihat dan menikmati tradisi ini cukup tinggi. Tradisi tersebut bisa menjadi salah satu obyek wisata untuk memperkuat pariwisata Ponorogo.

“Larungan Telaga Ngebel ini berdasarkan legenda asal muasal Telaga Ngebel. Tradisi ini bisa menjadi modal untuk memperkuat pariwisata di Ponorogo. seperti di Bali, tradisinya kan uga kuat. Kita akan kembangkan terus,” jelas Ipong.

Pemerintah berjanji akan memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di Telaga Ngebel. Menurut dia, selama ini salah satu kekurangan di obyek wisata ini adalah faktor sarana dan prasarana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Jalil
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper