Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalteng Panen Ikan Patin & Nila

Ribuan ekor ikan patin dan nila yang dipelihara di kolam penyangga milik Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah mulai dipanen.
Ikan patin/Istimewa
Ikan patin/Istimewa

Bisnis.com, PALANGKA RAYA - Ribuan ekor ikan patin dan nila yang dipelihara di kolam penyangga milik Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah mulai dipanen, dan segera dijual di Pasar Penyeimbang.

Ikan patin yang akan dipanen sebanyak 6.000 ekor dengan berat diperkirakan berkisar 1,5 ton, dan ikan Nila 6.000 ekor seberat 1,4 ton, kata Kepala DKP Provinsi Kalteng Darliansjah saat memimpin panen di Tangkiling Kota Palangka Raya, Kalteng, Jumat (30/11/2018).

"Panen yang sedang kami lakukan ini merupakan siklus pertama dari enam kolam. Bibit ikan patin yang telah disebarkan sebanyak 12.000 ekor, dan ikan nila 14.000 ekor. Jadi, kami akan memanen ikan patin dan nila sampai akhir tahun, dan dipasarkan di Pasar Penyeimbang," tambahnya.

Dia memastikan harga ikan patin dan nila hasil panen DKP Kalteng, yang nantinya dijual di Pasar Penyeimbang, relatif lebih murah sebab keberadaan kolam penyangga bukan untuk mencari keuntungan, melainkan bertujuan menstabilkan harga ikan di pasaran.

Darliansjah mengatakan terbentuknya kolam penyangga berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 10 tahun 2015 tentang Pedoman Pengendalian Inflasi Provinsi Kalteng.

Pergub itu bertujuan mewujudkan stabilitas harga dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang berkelanjutan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan.

"Jadi, kolam penyangga yang berada di Tangkiling ini melakukan pembesaran, dan nantinya dijual di pasar penyeimbang maupun pedagang ikan dengan harga pokok saja. Tentunya dengan harapan harga ikan bisa stabil. Inflasi di Kalteng pun bisa lebih stabil," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper