Novotel Ibis Balikpapan Luncurkan Menu Sehat Dapur Hidroponik

Novotel Ibis Balikpapan kini menghadirkan enam paket menu sehat baru yang dihasilkan dari kebun hidroponik.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 10 Januari 2019 13:55 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Bagi anda yang hobi fitness atau sedang melakukan diet, Novotel Ibis Balikpapan kini menghadirkan enam paket menu sehat baru yang dihasilkan dari kebun hidroponik.
 
General Manager Novotel Ibis Balikpapan, Florent Michaud menyebut salah satu layanan dari Novotel Ibis Balikpapan adalah fitness center.

Dia menyebut seringkali member dari fitness center menanyakan menu makanan sehat di restoran. Atas permintaan tersebut, Florent bersama tim chef pun mulai menggodok ide makanan sehat.
 
“Ide ini untuk member fitness, dan juga orang dari luar. Konsep makanannya kita mengurangi garam. Pakai sedikit saja. Kita memakai dedaunan yang semua diproduksi dari bawah, yakni dari taman hidroponik. Ada chamomile, rosemary, dan basil,” jelas Florent di Fitness Center Novotel Ibis Balikpapan, Rabu malam (9/1/2019).

Florent menyatakan kebun hidroponik yang berlokasi tak jauh dari restoran milik hotel memang adalah terobosan perusahaan untuk menggalang pola hidup sehat berbasis green. Adapun enam paket makanan yang diluncurkan dari dapur Novotel Ibis Balikpapan ini seharga Rp100 ribu sampai Rp120 ribu.
 
Untuk menu seharga Rp100 ribu ada tiga jenis yakni chicken rosemary, prawn cream sauce, dan fish salsa sauce. Sementara untuk menu seharga Rp120 ribu antara lain; chicken caciotore, beef rolade, dan chicken szechuan.

Setiap makanan ini sudah dilengkapi dengan salad, asupan karbohidrat dari nasi ataupun kentang, serta jus sehat tanpa pemanis.
 
Chef Novotel Ibis Balikpapan. Dwi Sulistyo menyatakan perencanaan enam menu makanan ini sudah berlangsung sejak lama.

Pasalnya tim chef Novotel Ibis Balikpapan sudah melakukan riset persiapan sejak September 2018 lalu. Tim chef juga menargetkan agar menu sehat ini bisa diluncurkan pada Januari 2019.
 
“Jadi memang sejak bulan ke 10, 11, dan 12 itu kami riset, taste. Ini bagaimana kalau rasanya seperti ini? Lalu kami akan menggunakan apa saja? Kalau dengan sedikit garam hasilnya seperti apa?,” ujar Dwi kepada Bisnis.
 
Dalam prose perumusan komposisi makanan, Dwi mengaku turut melibatkan tim ahli gizi. Para ahli juga diminta memberi masukan terkait proses memasak. Alhasil, dalam enam menu makanan yang disajikan tidak ada pengolahan yang menggunakan minyak goreng.
 
“Healthy Food itu rata-rata tasteless ya. Kami menegaskan ini rasanya sedikit, namun saat orang memakan setidaknya ada rasa yang enak. Ini tidak mudah, apalagi kami sama sekali tidak menggunakan penyedpa rasa. Garam pun hanya sejumput,” ungkapnya.
 
Dwi membeberkan dalam beberapa bulan ke depan Novotel Ibis Balikpapan akan menambah jenis healthy food sampai 14 menu.
 
Ahli Gizi dari RS Balikpapan Baru, Ifalibranita Mafi Hidsyah S.Gz menyatakan menu makanan dari Novotel Ibis Balikpapan memang tidak sama dengan tren diet yang beredar saat ini, yakni diet keto ataupun diet mayo.

Sebaliknya, diet yang disajikan dari menu makanan ini adalah tipe diet gizi seimbang.  Fafa menegaskan, prinsip utama diet gizi seimbang adalah memakan beragam bahan utama, khususnya sayur-mayur.
 
“Ini bisa lihat dari porsinya tidak terlalu banyak, dan sudah sesuai dengan porsi satu kali makan. Sayurannya juga tidak bisa hanya satu jenis saja. Begitu pula dengan minum, kita perlu meminum sesuatu yang memberi kita micronutrient yang tepat dan seimbang,” terang Fafa. 

Tag : balikpapan, bisnis perhotelan
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top