Jokowi Dijadwalkan Hadiri Forum Sekda di Balikpapan

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri Munas Forum Sekda Se-Indonesia yang berlangsung pada akhir Februari di Balikpapan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 13 Februari 2019 18:19 WIB
Presiden Joko Widodo tiba untuk memimpin rapat terbatas tentang Minyak dan Gas Bumi, di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/1/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri Munas Forum Sekda Se-Indonesia yang berlangsung pada akhir Februari di Balikpapan.

Pelaksana Tugas Sekda Pemprov Kaltim, Meiliana mengatakan informasi sementara yang diterima dari pemerintah pusat bahwa Presiden Jokowi dijadwalkan pada 20 Februari 2019 akan berkunjung ke Balikpapan.

“Insya Allah di Balikpapan tanggal 20 Februari 2019,” ujar Meiliana kepada Bisnis melalui pesan singkat, Rabu (13/2/2019).

Dia menyatakan rencana kunjungan Jokowi belum termasuk dengan rencana peresmian Jalan Tol Samarinda-Balikpapan, meresmikan proyek strategis nasional Waduk Teritip, ataupun peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy.

“Yang jelas, baru pembukaan Forum Sekda se-Indonesia. Dibuka RI 1. [Rencana] yang lain belum ada,” sambungnya.

Meiliana mengaku bahwa pemerintah pusat juga memang belum memberi kabar lebih lanjut tentang rencana peresmian tiga proyek strategis nasional tersebut.

Meiliana juga menyatakan dari tiga proyek strategis nasional tersebut, baru proyek Waduk Teritip di Balikpapan yang sudah selesai 100% dan bisa mulai beroperasi. Sementara dua proyek lainnya, KEK Maloy dan Jalan Tol Samarinda-Balikpapan, baru sekitar 80%.

“Tol belum 100%, dan mungkin baru 80%,” terang Meiliana.

Dia memprediksi peresmian dua proyek strategis nasional itu kemungkinan besar akan diadakan sekitar Maret atau April 2019, sebelum Lebaran.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Balikpapan, Sahmal Ruhip menyatakan belum menerima informasi terkait rencana Munas Forum Sekda se-Indonesia di Balikpapan.

Oleh sebab itu, Sahmal pun belum bisa memberikan rancangan kegiatan tersebut dan persiapan pelaku usaha menerima tamu pemerintahan dari seluruh Indonesia ke Balikpapan.

Kepada Bisnis.com, Sahmal juga menyatakan bahwa Presiden Jokowi dalam Rakernas PHRI di Grand Sahid Jakarta, Senin (11/2/2019) lalu, sudah membatalkan larangan aparat pemerintahan menggelar acara di hotel. Keputusan itu menurut Sahmal bisa membantu menggairahkan bisnis perhotelan pada tahun ini.

“Di rakernas sudah dicabut Pak Jokowi,” sambungnya.

Tag : jokowi, balikpapan
Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top