Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalbar Terus Pacu Produksi Minyak Sawit Mentah

Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Barat Florentinus Anum mendorong perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk terus meningkatkan produktivitas minyak sawit mentah.
Buah kelapa sawit/Antara
Buah kelapa sawit/Antara

Bisnis.com, PONTIANAK – Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Barat Florentinus Anum mendorong perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk terus meningkatkan produktivitas minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

Upaya tersebut terus dilakukan meskipun di sisi lain muncul ancaman Uni Eropa menghentikan impor CPO termasuk dari Indonesia.

"Perlunya peningkatan produktivitas lantaran saat ini masih rendah yakni berkisar 2 juta ton per hektare per tahun. Sementara target nasional produktivitas ini mencapai 4 juta ton per hektare per tahun," ujarnya di sela-sela Borneo Forum ke-3 di Pontianak, Kalbar, pada Jumat (22/3/2019).

Menurut dia, untuk meningkatkan produktivitas, maka perusahaan perkebunan harus memperhatikan benih yang digunakan.

“Gunakan sumber benih yang sudah disertifikasi oleh pemerintah. Jadi jangan lagi menggunakan yang tidak jelas,” kata Florentinus.

Dia menambahkan benih dianggap sebagai dasar dalam keberhasilan usaha perkebunan dengan meningkatkan mutu buah yang dihasilkan. Dengan demikian, benih memberikan jaminan terhadap kualitas benih. Sertifikasi juga mencegah terjadinya peredaran benih ilegal.

“Faktor kunci keberhasilan dan baiknya produksi tentu dari benih. Jika benih itu tidak berkualitas maka hasil panen juga minim,” jelasnya.

Terkait dengan Borneo Forum yang digelar di Pontianak, perusahaan perkebunan bisa merealisasikan apa menjadi kebijakan daerah, yakni meningkatkan produktivitas komoditas sawit.

"Kita berharap pada Borneo Forum menghasilkan rumusan untuk membenahi pengembangan perkebunan kelapa sawit," tutur Florentinus.

Sementara itu, Ketua Panitia 3rd Borneo Forum, Agus Sumastro mengatakan industri sawit sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Saat ini industri sawit menjadi penyumbang devisa nonmigas terbesar dengan nilai ekspor pada 2018 sebesar US$20,54 miliar.

“Minyak sawit memiliki produktivitas paling tinggi dibandingkan dengan minyak nabati lainnya. Jadi, sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan minyak nabati di dunia,” kata dia menjelaskan.

Borneo Forum 2019 berlangsung pada 20 - 22 Maret 2019. Kegiatan itu dihadiri pembicara baik tingkat lokal maupun nasional yang membahas isu-isu strategis tentang perkebunan kelapa sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper