Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pegadaian Pontianak Konversi Sampah Jadi Emas

PT Pegadaian meluncurkan program bertajuk Sampah Menjadi Emas di Kota Pontianak dengan tujuan sampah-sampah yang dikumpulkan masyarakat bisa dikonversikan menjadi tabungan emas.
Ilustrasi/Antara-Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi/Antara-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pegadaian meluncurkan program bertajuk Sampah Menjadi Emas di Kota Pontianak dengan tujuan sampah-sampah yang dikumpulkan masyarakat bisa dikonversikan menjadi tabungan emas. 

Dengan program dinamai The Gade Clean and Gold itu, warga Kota Pontianak bisa menukar sampahnya menjadi tabungan dimulai dengan volume berat emas 0,1 miligram atau setara bernilai Rp6.200. 

Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, untuk tahap awal menyambut program tersebut maka Pemkot akan membuat bank sampah mini di kantor Walikota sehingga masyarakat bisa mengantar sampah dari rumah ke bank sampah mini tersebut. 

"Di sekolah-sekolah nanti bank sampah mini ditempatkan di sana, sehingga dengan banyaknya bank sampah mampu mengurangi sampah secara signifikan dan menjadikan sampah itu bernilai," kata Edi dari siaran pers Pemkot, Senin (1/4/2019). 

Hal itu disampaikannya, sekaligus menerima penyerahan secara simbolis bantuan corporate social responsibility (CSR) dari PT Pegadaian kepada Pemkot di halaman PT Pegadaian Pontianak.

CSR tersebut berupa kendaraan bermotor roda tiga sebagai armada pengangkut sampah dan alat pencacah plastik. Edi mengatakan, sampah kini menjadi lebih berharga karena bisa menjadi tabungan emas jika dijual. 

Pemimpin Wilayah Pegadaian Kalimantan Edy Purwanto mengatakan, CSR Pegadaian pada tahun ini memfokuskan program lingkungan salah satunya adalah The Gade Clean and Gold. 

"Supaya lebih menarik dan masyarakat tergerak untuk bersih-bersih, maka stimulusnya melalui tabungan emas. Dengan menjual sampah yang dikonversikan menjadi tabungan emas. Sehingga ada nilai tambah yang didapatkan masyarakat," kata Edy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper