KPU Kaltim Optimistis Form C6 Tuntas Disebar

Kalimantan Timur meyakinkan sudah 80% formulir C6 sudah tersebar dan Pemilu akan berjalan kondusif dan semua kebutuhan terpenuhi.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 16 April 2019 20:36 WIB
Relawan KPU mempersiapakan logistik - ANTARA/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Timur meyakinkan sudah 80% formulir C6 sudah tersebar dan Pemilu akan berjalan kondusif dan semua kebutuhan terpenuhi.
 
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim, Mukhasan Ajib mengatakan pendistribusian dari formulir C6 sudah mencapai 80%. Ajib menyebut keterlambatan penyebaran formulir C6 sampai di tangan pemilih karena adanya keterlambatan pengiriman formulir dari percetakan yang berlokasi di Bali.
 
“Percetakan yang ada di Bali bukan hanya mencetak Provinsi Kaltim. Nilainya nasional melalui online. Jadi, perusahaan yang dapat [lelang] bukan perusahaan lokal. Jadi dari Bali atas keterlambatan ini teman-teman di daerah kabupaten dna kota ngebut,” kata Ajib di Kantor Pemprov Kaltim, Selasa (16/4/2019).
 
Dia menyatakan pekerjaan ini cukup berat karena formulir C6 juga masih kosong dan tidak ada nomor TPS dan juga belum ada nama. Formulir C6 ini berbeda dengan formulit C6 saat Pilgub 2018 lalu. Ajib menyatakan dengan penyebaran formulir C6, para pemilih bisa langsung melakukan pencoblosan.
 
“Ini harus diisi oleh KPPS dan untuk se-Kaltim sudah didistribusikan rata-rata di atas 80%, tinggal beberapa TPS yang tinggal jauh. Terus ada juga yang didatangi orangnya tidak ada jadi dua kali mendatangi rumah tersebut untuk C6,” paparnya.
 
Ajib menyatakan terkait logistic lain seperti perlengkapan pungut hitung juga sudah sampai ke TPS. Sementara untuk di area perkotaan lebih mudah karena logistik dari KPU kota langsung bisa diantar ke TPS.
 
“Kalau di perkotaan lebih enak karena logistik dari KPU kota langsung bisa diangkat ke TPS, tetapi dalam berita acara serah terima harus ada tanda terima ke PPK kecamatan. Jadi barang tidak diturunkan dari truk tetapi ke PPS kelurahan. Dari Gudang KPU Kota,” tuturnya.
 
Adapun perihal kedatangan logistik Pemilu 2019 berupa surat suara dari percetakan PT Tempo Inti Media Tbk. Di KPU Provinsi Kaltim tiba pada, Senin (15/4/2019) lalu. 

Logistik Pemilu 2019 yang tiba di KPU Provinsi Kaltim dengan rincian; Kabupaten Kutai Kertanegara ada 1.037 lembar, Kabupaten Kutai Barat ada 1.342 lembar, Kabupaten Kutai Timur ada 751 lembar, Kota Samarinda ada 3.464 lembar, Kota Bontang ada 539 lembar.
 
Beberapa catatan adalah KPU kabupaten/kota yang hadir untuk membawa langsung ke kabupaten dan kota masing-masing antara lain; KPU Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Berau, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).
 
Untuk logistik yang telah di cek akan langsung dibawa ke gudang masing-masing kabupaten dan kota.

Adapun pergeseran surat suara Kota Samarinda, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kertanegara, dan Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Kutai Timur menggunakan R4. 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kaltim, Pemilu 2019

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top
Tutup