Antusiasme Warga Balikpapan Menggunakan Hak Suara Tinggi

Sophia Andayani
Sophia Andayani - Bisnis.com 17 April 2019  |  14:54 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Antusiasme warga Balikpapan untuk menggunakan hak suaranya cukup tinggi, terbukti sejak pukul 07.00 WITA, para pemilih telah memadati sejumlah TPS di berbagai titik di kota Balikpapan.

Berdasarkan pantauan Bisnis, pukul 07:30 WITA, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, bersama keluarga datang ke TPS 12 RT 13 Kelurahan Sepinggan Raya, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Menggunakan kemeja putih, celana panjang hitam, Rizal sempat menunggu selama 30 menit di TPS. Pada saat menunggu Rizal memanfaatkan waktu untuk ngobrol bersama warga sekitar rumah dinas.

“Dapat laporan dari beberapa TPS memang lambat, mungkin sosialisasi kurang. Walau pun sebagian petugas KPPS sudah berpengalaman, tapi karena lima kertas suara yang dihitung sehingga agak terlambat. Seharusnya mulai perhitungan suara jam 6, sehingga satu jam persiapan, bisa lebih cepat," kata Rizal, Rabu (17/4/2019)

Sementara itu, faktor cuara yang cerah, dan situasi yang kondusif membuat Rizal optimistis tingkat partispasi warga Balikpapan menggunakan hak suaranya meningkat tahun ini, sesuai dengan target sekitar 70 persen. Namun kendala teknis seperti cara melipat kertas suara yang lebar dan juga jumlah surat suara diprediksi akan terjadi, namun pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk mensukseskan pemilu serentak tahun ini.

"Alhamdulillah hari ini cuaca lebih cerah, dan mudah-mudahan tingkat partisipasinya meningkat, paling tidak 70 persen," ungkapnya.

Diketahui Kota Balikpapan terdata sebanyak 460.000 pemilih dengan jumlah TPS sebanyak 1.076. Sedangkan pemilih di Kalimantan Timur seluruhnya diperkirakan mencapai 2,4 juta dengan jumlah TPS sebanyak 9.800.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilpres 2019

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup