Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pantau Jalan Rusak, Mempawah Luncurkan Simpeljak

Pemkab Mempawah melakukan terobosan pelayanan dengan meluncurkan aplikasi Simpeljak. Sistem berbasis android ini memudahkan masyarakat melaporkan kondisi jalan. 
Ilustrasi/Antara-Siswowidodo
Ilustrasi/Antara-Siswowidodo

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemkab Mempawah, Kalimantan Barat, melakukan terobosan pelayanan dengan meluncurkan aplikasi Simpeljak. Sistem berbasis android ini memudahkan masyarakat melaporkan kondisi jalan. 

Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi mengatakan, Simpeljak adalah Sistem Informasi Penyelenggaraan Jalan Kabupaten Mempawah. Aplikasi Simpeljak dikembangkan oleh Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Mempawah. 

“Dinas PUPR sudah membuka peluang sebesar-besarnya bagi masyarakat. Jadi sistem pekerjaan yang dilakukan tidak lagi tertutup, sekarang bisa diakses terbuka untuk siapa pun, daerah mana yang akan dilakukan pembangunan, masyarakat bisa memberikan masukan dan saran terkait kinerja yang dilakukan,” kata Muhammad dalam siaran pers Pemkab, dikutip Sabtu (25/5/2019). 

Muhammad mengatakan inovasi pelayanan ini sangat membantu pegawai pemerintahan mempermudah pekerjaannya.

Muhammad mengharapkan Simpeljak mendorong terwujudnya peningkatan penyelenggaraan jalan, peningkatan kualitas jalan, penanganan jalan rusak dan mengakomodasi informasi dari masyarakat. 

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Mempawah Abdurrahman mengatakan ada tiga fitur unggulan di aplikasi itu yaitu, sosialisasi peraturan, peta jalan, dan sistem informasi kerusakan jalan. 

"Dalam Simpeljak ini juga tersedia kanal komunikasi untuk para stakeholder  khususnya dari kecamatan, desa dan pemerhati jalan untuk dapat memberikan saran, kritik dan masukan kepada kami terkait dengan penyelenggaraan jalan," kata Abdurrahman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper