Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Bank Kalsel agar UMKM Pandai Mengelola Keuangan

Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diminta pandai mengelola keuangan usaha mereka dengan menerapkan siasat tertentu.
Gedung Bank Kalsel. /Bisnis.com
Gedung Bank Kalsel. /Bisnis.com

Bisnis.com, BANJARMASIN – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diminta pandai mengelola keuangan usaha mereka dengan menerapkan siasat tertentu, kata Muhammad Aris Zulkarnain dari Divisi Kelompok Bisnis Mikro Kecil dan Konsumtif Bank Kalsel.

Dia mengutarakan sudah banyak contoh UMKM yang usahanya tidak berkembang dan bangkrut akibat tidak dapat mengelola keuangan usaha mereka secara sehat dan profesional.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi pembicara tentang belajar mengelola keuangan usaha pada even Sosialisasi Program Kemitraan dan Pelatihan UMKM Kalsel dengan tema "Naik Kelas UMKMnya, Maju Ekonomi Banua" yang diselenggarakan Forum Wartawan Ekonomi (FWE) Kalsel, Sabtu (13/07/2019) di Aula Kantor Pusat Bank Kalsel.

"Bagaimana caranya agar pandai mengelola keuangan usaha Anda. Salah satu cara sederhananya adalah dengan mulai memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan usaha," paparnya.

Dengan memisahkan hal tersebut, kita pun dapat lebih mengetahui keuntungan yang diperoleh dari usaha yang dirintis. Selain itu kita juga bisa menghindari terpakainya modal usaha untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

"Kalau dipisah tadi kita juga akan mudah membuat pelaporan keuangan usaha yang akan berguna nantinya saat mencari tambahan modal di lembaga keuangan," tambahnya.

Dia juga mengingatkan agar pelaku UMKM yang menambah modal usaha dengan berutang, tidak berutang lebih dari 40 persen dari pendapatan usahanya. “jika memaksakannya bisa membuat keuangan usaha hingga pribadi menjadi kurang sehat.”

Bank Kalsel memiliki banyak sekali skema pembiayaan kredit bagi pelaku UMKM melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Mulai dari KUR Mikro dengan pinjaman maksimal Rp25 juta dengan waktu pinjaman hingga 3 tahun, hingga KUR Kecil dengan pinjaman mulai dari Rp25 - Rp500 juta dengan waktu pinjaman hingga 5 tahun.

"Dari data yang kami miliki ada sekitar 3.000 rekening KUR yang terdaftar di Bank Kalsel. Dari 3.000 rekening tersebut kredit yang bermasalah hanya kurang dari 1 persen," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arief Rahman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper