Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebih 25 Persen Koperasi di Kota Banjarmasin Mati Suri

Pemerintah Kota Banjarmasin mengklaim, jumlah Koperasi yang ada di Kota Seribu Sungai mencapai 300 buah. Dari sekitar 300 buah tersebut 25 persen diantaranya sudah tidak aktif lagi.
Pengurus Koperasi se-Kota Banjarmasin saat berfoto bersama Walikota Banjarmasin Ibnu Sina
Pengurus Koperasi se-Kota Banjarmasin saat berfoto bersama Walikota Banjarmasin Ibnu Sina

Bisnis.com, BANJARMASIN- Pemerintah Kota Banjarmasin mengklaim, jumlah Koperasi yang ada di Kota Seribu Sungai mencapai 300 buah. Dari sekitar 300 buah tersebut 25 persen diantaranya sudah tidak aktif lagi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina disela kegiatan Peringatan Hari Koperasi ke 72 Tahun 2019 tingkat Kota Banjarmasin, Kamis (01/08/2019) di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin.

"Jumlah Koperasi di Kota Banjarmasin ada sekira 300 unit. Namun yang aktif hanya sekira 75 persen. Saya ingin kita semua berupaya agar koperasi-koperasi yang tidak aktif, bisa kembali aktif dan bisa melakukan pelatihan dan sosialisasi langsung,” ujarnya.

Bahkan dirinya berpesan, kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemko Banjarmasin agar bersama-sama mendorong pertumbuhan dan perkembangan koperasi yang ada di lingkungan instansinya. 

“Bagi SKPD yang belum ada koperasinya, agar didorong untuk menumbuhkan koperasinya. Sedangkan yang sudah ada, supaya terus mengembangkannya,” ucapnya.

Selain itu dirinya juga menginstruksikan kepada para Camat dan Lurah se-Kota Banjarmasin, agar terus menumbuhkembangkan koperasi di lingkungannya, dengan melihat potensi ekonomi yang dimiliki.

"Kemudian bagi para pengurus koperasi di kota Banjarmasin saya juga berharap agar bersungguh-sungguh meningkatkan kualitas koperasi secara nasional, sehingga menjadi badan usaha yang tangguh, kuat dan professional diberbagai sektor, sehingga mampu memenuhi kepentingan anggota dan masyarakat lingkungannya,“ tegasnya.

Sementara itu, Ketua Dekopin Daerah Kota Banjarmasin Sumarno menambahkan, walau cukup banyak Koperasi di Kota Banjarmasin yang tidak aktif lagi, masih banyak pula Koperasi yang bisa menorehkan prestasi membanggakan.

Bahkan pada Tahun 2019 ini, salah satu koperasi di Kota Banjarmasin, yakni Koperasi Wijaya, berhasil mendapatkan penghargaan sebagai koperasi berprestasi tingkat nasional. 

“Tanggal 12 Juli 2019 penghargaan untuk koperasi wijaya dari Kota Banjarmasin diserahkan di Purwokerto Provinsi Jawa Tengah,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arief Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper