Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalbar Kenalkan 12 Varietas Durian Unggul

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memperkenalkan 12 varietas durian unggulan yang ada di provinsi itu dalam Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019.
Ilustrasi./Antara-Feny Selly
Ilustrasi./Antara-Feny Selly

Bisnis.com, PONTIANAK — Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memperkenalkan 12 varietas durian unggulan yang ada di provinsi itu dalam Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019.

"Dengan adanya Festival Durian ini untuk menjaga varietas unggul durian yang dimiliki oleh daerah Kalbar. Ada 12 jenis varietas unggul durian yang kita miliki, jadi kita harus jaga betul varietas unggul daerah dan ini sudah kita amankan serta akan dikembangkan," kata Sutarmidji di Pontianak, Minggu (25/8/2019).

Dia mengatakan, di Indonesia ada 38 jenis durian unggul dan 12 di antaranya ada di Kalbar. "Ini tentu menjadi keuntungan kita," ucapnya.

Menurut dia, meski Kalbar memiliki banyak jenis durian unggul namun tidak memiliki nilai tambah bagi petani. Petani masih belum mendapatkan seharusnya.

"Hal itu tentu menjadi perhatian pemerintah provinsi. Satu di antaranya melakukan promosi dan kebijakan yang mendukung nilai tambah petani," jelasnya.

Sutarmidji menambahkan, dengan adanya festival durian ini, dirinya juga menaikan nilai jual buah durian yang kita miliki. Selain itu, durian unggulan yang kita miliki sangat berpontensi nilai jual ke luar negeri dengan cita rasa khas buah durian yang dimiliki.

Namun orang nomor satu di kalbar mengutarakan untuk mengirim ke luar negeri memiliki hambatan dari sektor pengiriman.

"Jadi masalah itu, durian unggul kita banyak tapi membuat keluar dari Kalbar untuk dipasarkan itu menjadi susah. Karena kalo lewat pesawat atau lewat kapal, bukan masalah ongkosnya melainkan pihak pesawat atau kapal rata-rata tidak mau mengirim durian apalagi dalam stok yang banyak, nah ini yang harus dipikirkan," tuturnya.

Ia berharap pihak kementerian pertanian dan pemerintah pusat untuk mencarikan solusi, agar para petani buah durian bisa meningkatkan produksi buah durian dan memiliki semangat untuk bertani, yang mana nilai tukar petani bisa meningkat dan memiliki nilai ekonomi bagi para petani buah durian.

"Ini lah yang harus diselesaikan oleh kementerian dan pemerintah pusat supaya masyarakat semangat untuk mengembangkan jenis buah-buahan, bukan hanya durian saja melainkan buah-buahan lainnya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler