Tarakan Siap Jadi Penyangga Ibu Kota Baru

Wali Kota Tarakan Khairul mengatakan Tarakan, kota pulau di Kalimantan Utara, siap menjadi penyangga ibu kota baru Republik Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Agustus 2019  |  17:36 WIB
Tarakan Siap Jadi Penyangga Ibu Kota Baru
Aktivitas PT Pertamina di Tarakan, Kalimantan Utara. - Bisnis

Bisnis.com, TARAKAN – Wali Kota Tarakan Khairul mengatakan Tarakan, kota pulau di Kalimantan Utara, siap menjadi penyangga ibu kota baru Republik Indonesia yang ditetapkan Presiden Joko Widodo di Kalimantan Timur.

"Alhamdulillah, Insya Allah ini akan berdampak sangat positif untuk perkembangan dan kemajuan Kalimantan secara menyeluruh," kata Khairul saat dihubungi di Tarakan pada Senin (26/8/2019).

Dia menjelaskan dari sisi secara infrastruktur, Tarakan sudah sangat siap menjadi kota penyangga, mulai bandara, pelabuhan laut, dan fasilitas layanan publik lainnya.

"Realisasi jembatan Bulan (antara Tarakan - Bulungan) akan dipercepat, dampaknya ke Tarakan baik," kata Khairul.

Presiden Jokowi pada Senin ini mengumumkan lokasi ibu kota baru Indonesia seluas 180.000 hektare di dua kabupaten yaitu Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara.

“Menyimpulkan ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara," kata Kepala Negara.

Presiden mengatakan bahwa pemerintah telah mengkaji sejumlah calon kawasan ibu kota di Kalimantan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tarakan, Ibu Kota Dipindah

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top