Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rute Umrah : Balikpapan Buka Penerbangan Langsung ke Madinah

Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan membuka penerbangan umrah langsung menuju Madinah.
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur./BUMN.go.id
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur./BUMN.go.id

Bisnis.com, BALIKPAPAN -- Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan membuka penerbangan umrah langsung menuju Madinah. Penerbangan menggunakan pesawat Airbus A330-300 milik Maskapai Lion Air.

Sebelumnya Jemaah Umrah harus transit terlebih dahulu di sejumlah daerah seperti Jakarta, Medan, Padang dan Singapura sebelum sampai di Madinah, Arab Saudi.

General Manager Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS), Sepinggan, Balikpapan  Farid Indra Nugraha mengatakan pembukaan rute baru penerbangan umrah langsung menuju Madinah memberikan kemudahan kepada jemaah umrah.

"Sebagai langkah awal penerbangan Lion Air Balikpapan ke Madinah akan dilaksanakan satu kali dalam seminggu yakni di hari Sabtu. Menurut jadwal penerbangan tersebut akan terjadwal hingga 11 Januari 2020 mendatang," kata Farid, dikutip Minggu (29/8/2019).

Selain itu, penerbangan umrah tersebut dapat menghemat waktu tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, dengan perkiraan 12 jam perjalanan udara.

Lebih lanjut Farid mengungkapkan fasilitas yang diberikan selama di Bandara SAMS, Sepinggan, Balikpapan seperti alokasi jemaah di area keberangkatan lantai 4.

Di sana jemaah umrah dapat melakukan persiapan kelengkapan administrasi sebelum masuk ke ruang tunggu. Sarana tempat ibadah juga tersedia di area tersebut. Hal ini untuk memberikan kenyaman jamaah itu sendiri.

Adapun persiapan personel yang ditugaskan untuk menjaga kelancaran proses keberangkatan jemaah umrah yaitu Terminal Service, Customer Service dan Avation Security.

Di area sisi udara, sebelum pesawat take off akan dilakukan inspeksi runway untuk memastikan keselamatan penerbangan.

Farid berharap dengan dibukanya rute tersebut masyarakat di Kalimantan Timur khususnya di Balikpapan bisa dengan mudah melaksanakan ibadah umrah, meningkatkan minat calon jemaah, karena memperoleh harga yang lebih terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper