Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Balikpapan-Samarinda Masuki Proses Hibah

Pemerintah sedang menyelesaikan administrasi proyek jalan Tol Balikpapan—Samarinda yang menggunakan porsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda./PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda./PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pemerintah sedang menyelesaikan administrasi proyek jalan Tol Balikpapan—Samarinda yang menggunakan porsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk diserahterimakan kepada BUJT.

Kepala Dinas PU, Penataan Ruang dan Perum Rakyat Kalimantan Timur Taufik Fauzi mengatakan jalan tol yang menjadi porsi badan usaha di seksi II,III, dan IV masih sesuai dengan jadwal semula untuk bisa beroperasional pada Oktober 2019, begitupula dengan porsi pemerintah pusat dan daerah di seksi I dan V masih dikejar hingga akhir tahun ini.

Sejalan dengan rencana operasional tersebut, maka, lanjut dia audit teknis juga tengah berlangsung baik untuk proses konstruksi maupun pembebasan lahannya.

“Kementerian kan nggak begitu saja menerima yang sudah kami kerjakan. Masih dievaluasi juga selanjutnya serah terima BPKP yang menilai. Hibah gubernur ke kementerian PUPR. Karena semua akan dikelola kementerian PUPR melalui PT Jasa Marga Balikpapan—Samarinda,” jelasnya, Senin (7/10/2019).

Taufik menjelaskan sebelumnya karena keterbatasan kontrak dan masa jabatan gubernur pada 2018 lalu porsi sepanjang 500 meter yang belum diselesaikan sudah dialihkan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan dalam tahap penyelesaian. Saat ini, ungkap dia masih ada porsi sepanjang 2km yang juga akan dilakukan oleh BUJT untuk peningkatannya.

Menurutnya, nantinya tarif jalan tol yang dibebankan kepada pengguna jasa nantinya sebesar 1.000 per km.

Jalan tol yang dikenal dengan Balsam ini total memiliki panjang lebih dari 99 km. Terdiri dari 5 seksi, yaitu Seksi I ruas Balikpapan – Samboja (22,03 Km), Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,98 Km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,50 Km), Seksi IV Palaran – Samarinda (17,95 Km), dan Seksi V ruas Balikpapan - Sepinggan (11,09 Km).

Ada empat sumber pembiayaan yang digunakan untuk mendanai pembangunannya. Dari lima seksi, Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan dukungan pembangunan konstruksi di Seksi I dan Seksi V yang bertujuan meningkatkan kelayakan finansial ruas tol tersebut.

Pembangunan Seksi 1 menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltim sebesar Rp 1,5 triliun dan APBN sebesar Rp 271 miliar, dimana Rp 79,88 miliar di antaranya dialokasikan untuk pembangunan Jembatan Manggar sepanjang 613 meter.

Sedangkan untuk Seksi V didanai oleh APBN yang berasal dari pinjaman dari Pemerintah China sebesar Rp 848,55 miliar atau sekitar 8,5% dari total investasi. Untuk Seksi II-III dan IV, pembangunannya menggunakan dana Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT. Jasa Marga Balikpapan-Samarinda.

Taufik melanjutkan untuk jalan tol Samarinda—Bontang sepanjang 90 km, dokumen pra design dan studi kelayakannya sudah diserahkan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Hal itu dikarenakan proyek tersebut dtirencanakan oleh Bappenas agar berskema kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) di luar proyek jembatan tol Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper