Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Indonesia Balikpapan Gerakkan Gen BI Peduli Bumi

GenBI Balikpapan dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggelar kegiatan Bersih Indonesia dengan tema GenBI Gravity (Green Action Activity for Living and Humanity) Balikpapan pada 26-27 Oktober 2019.
Bank Indonesia/Reuters-Darren Whiteside
Bank Indonesia/Reuters-Darren Whiteside

Bisnis.com, BALIKPAPAN – GenBI Balikpapan dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggelar kegiatan Bersih Indonesia dengan tema GenBI Gravity (Green Action Activity for Living and Humanity) Balikpapan pada 26-27 Oktober 2019.

Generasi Baru Indonesia (GenBI) Balikpapan merupakan penerima beasiswa Bank Indonesia secara aktif.

Thomy Andryas, Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Balikpapan, mengatakan kgiatan ini bertujuan mencintai alam dan lingkungan serta peduli terhadap Bumi melalui edukasi pengurangan sampah plastik, aksi bersih pantai dan kegiatan penghijauan dan perbaikan taman kota.

"Secara simbolis kami melakukan penanaman pohon di taman lalu lintas serta pengecatan area taman," jelasnya menurut keterangan resmi Minggu (27/10/2019).

Selain itu, BI dan GenBI Balikpapan juga menyerahkan Program Sosial Bank Indonesia berupa 50 tanaman palem bambu, 70 tanaman lidah mertua, 24 tanaman rambat, 2 unit paket tempat sampah 3R, dan paket pengecatan taman yang disampaikan ke Dishub yang diperuntukkan untuk penghijauan dan perbaikan taman lalu lintas Kota Balikpapan.

Selain itu, juga diserahkan 1 unit Gerobak Sampah kepada Ketua RT 28 Kelurahan Sepinggan Raya yang mewakili warga di sekitar Pantai Sepinggan Raya.

Sebelumnya, pada Sabtu (26/10/2019), GenBI Balikpapan telah melakukan kegiatan sosialisasi Cikur (ciri-ciri keaslian uang rupiah) dan Kampanye Cinta Rupiah dan Belanja Bijak serta edukasi pengurangan sampah plastik kepada pedagang dan pembeli di Pasar Klandasan.

Tak sekadar sosialisasi, GenBI Balikpapan pun mendukung program pemerintah Balikpapan dalam hal reduksi kantong plastik untuk berbelanja melalui pembagian tote bag kepada pengunjung pasar dan pedagang di stan serta pemberian dua unit tempat sampah kepada pengelola pasar.

Pembagian tote bag bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang digunakan untuk berbelanja. Tote bag yang diberikan pun memiliki desain tips belanja bijak.

Selepas sosialisasi dan kampanye di Pasar Klandasan, GenBI Balikpapan bersama komunitas lingkungan di Kota Balikpapan melakukan aksi bersih pantai di Pantai Sepinggan Raya (Seraya).

Selain aksi bersih pantai, seluruh peserta yang hadir termasuk warga pantai Seraya juga diberikan sosialisasi tentang pengelolaan sampah oleh Nurul Hidayati Widayati yang merupakan Pembina Green Generation Tingkat Nasional.

Ketua GenBI Balikpapan, Wendy Raditya menyampaikan bahwa GenBI Gravitymerupakan salah satu agenda divisi lingkungan hidup dan diharapkan akan terus dilaksanakan untuk menanamkan peduli lingkungan.

Selain itu, GenBI Balikpapan menyampaikan apresiasi terhadap Bank Indonesia yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan penuh kepada GenBI Balikpapan untuk terus aktif berkontribusi terhadap masyarakat, melalui berbagai kegiatan salah satu diantaranya melalui kegiatan Bersih Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper