Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Pontianak Gandeng APJII Perkuat Jaringan di Singkawang

Di kawasan Pasir Panjang Indah sedang dibangun jaringan Palapa Ring Barat oleh Kemenkominfo bekerja sama dengan PT Palapa Ring Barat.
Festival Tatung di Singkawang/telegraph.co.uk
Festival Tatung di Singkawang/telegraph.co.uk

Bisnis.com, PONTIANAK — Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Singkawang bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menandatangani nota kesepahaman dalam hal penguatan dan pengembangan jaringan internet di Kota Singkawang, Kalimantgan Barat.

"Acara penandatanganan MoU [memorandum of understanding] itu dirangkai dengan kegiatan seminar literasi digital di halaman basemen Kantor Wali Kota Singkawang," kata Wakil Wali Kota Singkawang Irwan, Kamis (12/12/2019).

Menurutnya, kerja sama ini merupakan upaya Pemkot Singkawang untuk memfasilitasi jaringan internet agar tidak ada lagi wilayah yang blank spot.

"Layanan jaringan internet ini pula adalah suatu upaya Pemkot Singkawang dalam rangka menunjang aktivitas masyarakat dalam menyampaikan informasi, data, dan sebagainya di samping Pemkot Singkawang terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Penyediaan layanan ini juga diharapkan bisa diakses oleh Kabupaten tetangga seperti Sambas, Bengkayang dan Mempawah.

Terlebih, di Kota Singkawang, tepatnya di kawasan Pasir Panjang Indah sedang dibangun jaringan Palapa Ring Barat oleh Kemenkominfo bekerja sama dengan PT Palapa Ring Barat selaku badan usaha pelaksana proyek.

Oleh karena itu, dengan kehadiran Palapa Ring Barat akan makin menguatkan akses jaringan internet khususnya di Kota Singkawang.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza mengatakan bahwa untuk memperkuat jaringan internet, pihaknya akan menyasar daerah-daerah yang masih Blankspot dengan jaringan internet.

"Terlebih pada tahun 2020 semua sekolah sudah harus melaksanakan ujian online," katanya.

Oleh kaena itu, tutur Jamalul, sangat disayangkan jika sekolah yang berada di daerah pelosok harus pergi ke kota atau menumpang ke sekolah yang sudah mempunyai jaringan internet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper