Tingkatkan Komitmen terhadap Lingkungan, Pupuk Kaltim Jalin Kerja Sama dengan KLHK

Pupuk Kaltim menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Ditjen PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk pemulihan kerusakan lahan bekas tambang dan lahan akses terbuka.
Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman menandatangani MoU dengan Ditjen PPKL KLHK Karliansyah disaksikan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada Rapat Kerja Teknis Dirjen PPKL KLHK di Aruna Senggigi Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin (9/3) pagi./Istimewa
Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman menandatangani MoU dengan Ditjen PPKL KLHK Karliansyah disaksikan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada Rapat Kerja Teknis Dirjen PPKL KLHK di Aruna Senggigi Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin (9/3) pagi./Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Pupuk Kaltim menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Ditjen PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk pemulihan kerusakan lahan bekas tambang dan lahan akses terbuka.

Kerja sama tersebut ditandatangani Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman, bersama Ditjen PPKL KLHK Karliansyah disaksikan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, pada Rapat Kerja Teknis Dirjen PPKL KLHK di Aruna Senggigi Lombok Nusa Tenggara Barat, Senin (9/3) pagi.

Bakir mengatakan kerja sama ini akan memerkuat komitmen Pupuk Kaltim terhadap pelestarian alam dan lingkungan, disamping berbagai upaya yang telah dilaksanakan perusahaan secara berkesinambungan. Pupuk Kaltim, kata dia, sangat mendukung upaya KLHK melalui Ditjen PPKL untuk pemulihan lingkungan dan ekosistem, baik dalam hal reklamasi maupun restorasi lahan bekas tambah agar kembali hijau untuk dimanfaatkan sesuai fungsinya.

Kerja sama ini juga merupakan kontribusi Pupuk Kaltim dalam menekan deforestasi hutan yang kian memprihatinkan, sebab keberadaaan hutan, khususnya di Kalimantan Timur sangat dibutuhkan dalam tatanan ekosistem dan sangat berperan dalam berbagai hal, di antaranya penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup flora dan fauna, penyeimbang lingkungan, hingga mencegah timbulnya pemanasan global.

“Pupuk Kaltim menyambut baik kerja sama ini. Semoga perbaikan ekosistem dan kualitas lingkungan bisa terus ditingkatkan melalui sinergi aktif antara Perusahaan dengan Pemerintah,” ujar Bakir.

Dia menambahkan Pupuk Kaltim sejak jauh hari telah melakukan berbagai upaya perbaikan dan konservasi keanekaragaman hayati secara berkesinambungan, seperti penurunan terumbu buatan dengan komitmen 500 unit per tahun sejak 2009, penanaman mangrove di kawasan konservasi Perusahaan dan pesisir Kota Bontang mencapai 291.635 bibit dengan realisasi 113% di atas target, hingga reintroduksi 2.000 anggrek hitam yang merupakan tanaman endemik Kalimantan, hasil pengembangan secara kultur jaringan laboratorium Perusahaan, ke Balai Taman Nasional Kutai (TNK) yang telah menjalin kemitraan dengan Pupuk Kaltim lebih dari 23 tahun.

Di samping itu, Pupuk Kaltim juga telah melakukan penghematan energi melalui berbagai program inovasi, reduksi gas rumah kaca, reduksi timbulan limbah, hingga penghematan air dalam menjaga sumber baku bawah tanah. Komitmen ini pula yang membawa Pupuk Kaltim meraih Proper Nasional Peringkat Emas tiga kali berturut dari KLHK, sebagai salah satu perusahaan dengan kinerja lingkungan terbaik di Indonesia.

“Intinya Pupuk Kaltim tidak akan abai terhadap lingkungan dan ekosistem. Berbagai upaya dalam mendukung pelestarian alam serta keanekaragaman hayati telah menjadi komitmen utama Perusahaan yang terus ditingkatkan setiap tahun,” tambah Bakir.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengapresiasi keterbukaan dan sambutan positif perusahaan melalui kerja sama ini. Dia berpendapat urusan lingkungan sejatinya terletak pada dua pokok utama, yakni kebijakan dan partisipasi publik, serta kerja sama antara KLHK dengan perusahaan yang merupakan salah satu implementasi partisipasi publik untuk mencapai perbaikan kualitas lingkungan secara berkesinambungan. “Lima tahun terakhir, prakarsa publik terhadap perbaikan lingkungan dan pemulihan ekosistem sangat baik. Makanya Pemerintah memberikan ruang dan memfasilitasi atas upaya yang dilakukan oleh perusahaan maupun secara swadaya masyarakat di Indonesia,” kata Siti Nurbaya.

Meski dinamika pengelolaan lingkungan sangat kompleks, Siti Nurbaya optimis kerja sama yang terjalin antara Pemerintah dengan swasta dalam mendukung perbaikan lingkungan bisa berjalan optimal. Apalagi tren milenial dan reputasi swasta yang juga mengarah kepada isu lingkungan, maka CSR dan berbagai program perusahaan bisa lebih diarahkan untuk meningkatkan komitmen terhadap upaya tersebut. “Begitu juga Pemerintah Daerah, kami imbau agar lebih mendukung serta memfasilitasi upaya seluruh pihak yang peduli dan berkomitmen terhadap perbaikan lingkungan, agar kerjasama yang terjalin bisa berjalan lebih maksimal,” pungkas Siti Nurbaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper