Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Palangka Raya Mulai Dapat Bantuan Paket Sembako

Pemkot Palangka Raya mulai membagikan paket bahan pokok (sembako) dengan cara langsung diantarkan ke setiap rumah penerima.
Pakt sembako siap dibagikan kepada warga Palangka Raya, Kalimantan Tengah./Antara/Rendhik Andika
Pakt sembako siap dibagikan kepada warga Palangka Raya, Kalimantan Tengah./Antara/Rendhik Andika

Bisnis.com, PALANGKA RAYA – Pemkot Palangka Raya mulai membagikan paket bahan pokok (sembako) dengan cara langsung diantarkan ke setiap rumah penerima.

"Pembagian 13.500 paket sembako dilakukan dari rumah ke rumah oleh Tim Gugus Tugas Covid-19. Pembagiannya dilakukan bertahap dan secara simbolis dilakukan hari ini yang diwakili oleh sejumlah tukang ojek," kata Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, Selasa (21/4/2020).

Fairid, yang juga Wali Kota Palangka Raya, menerangkan skema pembagian nantinya paket sembako akan disalurkan ke kelurahan, kemudian petugas dari Tim Gugus Tugas Covid-19 membagikan langsung ke rumah penerima paket.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalkan penyebaran virus dari China itu. Dengan diantar langsung ke rumah penerima, kontak langsung antarmasyarakat dapat diminimalkan. Pembagian dengan cara diantar langsung itu juga dalam rangka menyukseskan program pemerintah yang menetapkan pembatasan fisik dan meniadakan acara yang mengumpulkan massa.

"Memang paket tersebut tidak mencukupi untuk seluruh warga. Untuk itu, pembagian diprioritaskan kepada masyarakat yang paling terdampak dan belum masuk pada data calon penerima bantuan yang akan digelontorkan Kemensos dan Bulog," kata Fairid.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat di Kota Cantik bersabar karena bantuan paket bahan pokok akan dilakukan dalam tiga tahap.

Pertama, bantuan dari Pemkot, kemudian bantuan dari Kementerian Sosial dan terakhir dari Perum Bulog. Kepala Plh. Harian Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani menambahkan nama para calon penerima sebelumnya telah dilakukan pendataan.

Pendataan itu dilakukan Dinas Sosial yang bekerja sama dengan perangkat kelurahan termasuk para ketua rukun tetangga.

Hal itu dilakukan agar penerima bantuan paket bahan pokok itu merata pada semua warga terdampak Covid-19, termasuk pelaku ekonomi, pedagang kaki lima, tukang ojek, buruh bangunan, dan warga lain yang memerlukan.

Dalam satu paket berisi beras, gula pasir, minyak goreng, susu kental manis, mie instan, garam, dan teh.

"Kita tahu bahwa pandemi Covid-19 ini banyak pelaku usaha dan masyarakat yang ekonominya terganggu. Oleh karena itu, bapak Wali Kota berharap paket sembako ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19," kata Emi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper