Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Balikpapan Kaji The New Normal, Pelajari Penerapan Daerah Pendahulu

Pemerintah Kota Balikpapan sedang menyusun konsep penerapan normal baru atau new normal untuk segera diterapkan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  17:58 WIB
Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi - Bisnis.com/Jaffry
Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi - Bisnis.com/Jaffry

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan sedang menyusun konsep penerapan normal baru atau new normal untuk segera diterapkan.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan bahwa kajian akan mengikuti petunjuk dari Presiden Joko Widodo. Kota Minyak ini akan mengambil contoh wilayah lain.

“Hari ini kan ada empat daerah yang akan menerapkan. Kita akan pelajari itu,” katanya di Kantor Wali Kota, Selasa (26/5/2020).

Daerah yang dimaksud Rizal adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatra Barat, dan Gorontalo. New normal dipastikan tetap meningkatkan kesiagaan terhadap penyebaran pandemi Covid-19 atau virus Corona.

“Tapi kehidupan yang lebih produktif juga dijalankan supaya ekonomi tetap jalan dan berkembang,” jelasnya.

Rizal menuturkan bahwa normal baru mau tidak mau harus diterapkan. Oleh karena itu, dalam penanganannya Puskesmas, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan kelurahan harus diperkuat.

PKK akan jadi motor penggerak pola hidup bersih. Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan. Sementara kelurahan pengawas siaga Covid-19.

Di saat yang bersamaan perusahaan mulai bisa beraktivitas tanpa melupakan protokol pencegahan Corona. Konsep bekerja di rumah atau work from home (WFH) juga berlaku dalam rencana normal baru.

“Karena jumlah yang bisa ke kantor sebagian. Supaya tidak terlalu sesak. Jadi bergilir yang WFH. Dan sekolah juga sama. Program belajar di rumah tetap dijalankan,” ucap Rizal.

Konsep normal baru akan diperkirakan selesai paling lambat dua hari. Setelah selesai akan dikaji lagi sambil melihat evaluasi dari daerah lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top