Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Kaltim Ekspor Rumput Laut ke Kota Kelahiran Jungkook BTS

Proses pengangkutan dari gudang dimulai dari pukul 09.00 WITA hingga depo spill di TPK Palaran pada pukul 11.00 WITA.
Rumput laut yang dimuat ke dalam kontainer
Rumput laut yang dimuat ke dalam kontainer

Bisnis.com, SAMARINDA – Pelaku usaha ekspor di Kalimantan Timur berhasil mengekspor komoditas rumput laut ke pasar Korea Selatan.

Direktur CV Multi Sarana Jaya Samuel Kurniawan Ang menyatakan pihaknya melakukan proses muat barang ke kontainer (stuffing) dari Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran, Kota Samarinda.

"Kami melakukan stuffing rumput laut menuju Korea pada hari ini, sebanyak 1 kontainer 20 feet," ujarnya, Senin (22/2/2021). 

Samuel menambahkan proses pengangkutan dari gudang dimulai dari pukul 09.00 WITA hingga depo spill di TPK Palaran pada pukul 11.00 WITA.  

"Barang menuju Surabaya dan langsung dikirim Ke Busan, Korea Selatan dengan estimasi 22 hari," katanya.

Eksportir rumput laut pertama dari Kalimantan Timur tersebut mengungkapkan bahwa hal ini merupakan yang ke 3 kalinya dilakukan sejak ekspor perdana tahun lalu. 

Adapun, dia mengharapkan dapat membuat raw material rumput laut menjadi produk olahan sebagai komoditas ekspor ke depannya.

"Kita tidak ingin mengekspor dalam barang mentah, kalau ada potensi kita ingin mengembangkan olahan agar mendapatkan value added sehingga kita bisa terus menjamin petani kita yang di bawah karena kalau [harga] terlalu rendah khawatir mereka tidak bisa mencukupi kehidupan mereka," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kota Busan adalah kota metropolitan yang memiliki populasi terbanyak kedua di Korea Selatan setelah Seoul, dengan jumlah penduduk yang mencapai 3.5 juta jiwa serta menjadi tempat kelahiran Jungkook BTS, anggota boy band Korea Selatan yaitu BTS atau Bangtan Boys.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper