Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kalsel Jamin Pasokan Pangan Hingga 3 Bulan Mendatang

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Suparno menyatakan bahwa ketersediaan bahan pokok menghadapi bulan ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1442 H/2021 M sudah dipastikan aman.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SAMARINDA – Pemprov Kalsel menjamin ketersediaan pangan cukup selama tiga bulan ke depan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Suparno menyatakan bahwa ketersediaan bahan pokok menghadapi bulan ramadan dan hari raya Idulfitri 1442 H/2021 M sudah dipastikan aman.

“Kami pastikan ketersediaan pangan 11 komunitas utama bahan pokok aman selama tiga bulan ke depan,” kata Suparno, Selasa (16/3/2021).

Dia menambahkan 11 komunitas bahan pokok tersebut yaitu, beras, jagung, gula, daging, minyak goreng, telur, bawang merah, bawang putih, cabai rawit serta cabai keriting.

“Jadi masyarakat jangan khawatir karena tiga bulan kedepan pangan aman. Walau memang ada empat yang kurang tetapi kita akan terus berupaya untuk mengambil ketersediaan pangan dari Provinsi lain yang surplus seperti bawang merah, bawang putih, gula dan cabai rawit,” katanya.

Suparno menjelaskan pihaknya mengantisipasi kekurangan empat bahan pokok yang dengan pasokan dari pulau Jawa dan Sulawesi. Dimana, empat bahan pokok yang mengalami kenaikan relatif tinggi yaitu cabai rawit merah dari kisaran harga sebesar Rp80.000 sampai Rp100.000 per kg.

Adapun, harga normal cabai rawit merah kisaran harga Rp50.000 sampai Rp80.000 per kg.

“Diharapkan harga cabai rawit ini dapat turun dan normal dan dipastikan selama tiga bulan aman,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper