Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi Pertamax Melonjak, Bukti Warga Kaltim Beralih ke BBM Ramah Lingkungan

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR Kalimantan Susanto August Satria menyatakan konsumsi produk Pertamax terus mengalami peningkatan.
Suasana pengisian bahan bakar minyak (BBM), khususnya produk dengan Research Octan Number (RON) tinggi di salah satu SPBU Kota Balikpapan./Istimewa
Suasana pengisian bahan bakar minyak (BBM), khususnya produk dengan Research Octan Number (RON) tinggi di salah satu SPBU Kota Balikpapan./Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN – PT Pertamina (Perseo) Marketing Operation Region (MOR) Kalimantan mencatat lonjakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM), khususnya produk dengan Research Octan Number (RON) tinggi yaitu Pertamax RON 92.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR Kalimantan Susanto August Satria menyatakan konsumsi Pertamax akan terus mengalami peningkatan karena saat ini semakin banyak masyarakat beralih ke produk bahan bakar berkualitas yang memberikan dampak nyata baik bagi kendaraan juga lingkungan.

“Rerata harian konsumsi Pertamax terus mengalami peningkatan dari tahun 2020 sebesar 98.001 KL perhari menjadi 161.764 KL di periode tahun 2021 atau mengalami kenaikan sebesar 65 persen," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (1/9/2021).

Berdasarkan data Pertamina MOR, konsumsi produk Pertamax dan Pertalite di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2021 terhitung tumbuh cukup signifikan, untuk Pertamax meningkat hingga 26 persen dari tahun sebelumnya.

Sedangkan, untuk produk Pertalite peningkatan sebesar 32 persen dari tahun sebelumnya,  dimana hal tersebut berbanding terbalik dengan konsumsi produk dengan oktan rendah Premium yang turun hingga 26 persen.

Selain itu, proporsi produk oktan tinggi yang semakin meningkat bila dibandingkan dengan produk lainnya. "Pada tahun 2020 proporsi Pertamax terhadap BBM gasoline lain adalah sebesar 7,9 persen. Angka tersebut kemudian bertambah pada tahun 2021 menjadi 12 persen dari konsumsi BBM gasoline secara keseluruhan," terang Satria.

Satria menjelaskan Pertamax menjadi salah satu primadona bagi pengguna kendaraan jenis gasoline karena memiliki banyak keunggulan dan manfaat, tidak hanya untuk mesin kendaraan tapi juga bagi lingkungan.

“Pertamax memiliki kandungan formula zat aditif Pertatec (Pertamina Technology) yang mampu membersihkan endapan kotoran pada mesin sehingga mesin jadi lebih awet, terjaga dari karat, dan membantu pembakaran yang lebih maksimal sehingga terhitung lebih efisien,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Nursyamsiarni D. Larose menyampaikan bahwa saat ini sudah banyak pabrik kendaraan yang memberikan rekomendasi untuk penggunaan BBM dengan minimal RON 90 bahkan 92 untuk kendaraan dengan teknologi terbaru.

“Menggunakan bahan bakar yang memiliki RON tinggi tidak hanya memberikan kualitas mesin yang lebih awet tapi juga mengurangi pencemaran sehingga membantu menciptakan lingkungan yang bersih,” terangnya.

Dia menambahkan, produk Pertamax yang berkualitas juga masuk kategori BBM ramah lingkungan, karena kandungan sulfur yang dihasilkan pada gas buang kendaraannya maksimal 500 ppm yang dapat menjaga kualitas udara tetap baik.

Adapun, dia menuturkan bahwa dengan menggunakan bahan bakar berkualitas, masyarakat telah mengambil bagian untuk mendukung program Pemerintah guna menjaga lingkungan yang lebih sehat.

Sebagai informasi, hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Nomor 20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4 (RON 92).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper