Bangun Ekosistem Digital Pelaku UMKM, Pupuk Kaltim Kenalkan Borneos.co

PKT mengajak pelaku UMKM Bontang untuk Go Digital dengan menjangkau pasar yang lebih luas melalui adopsi teknologi secara berkelanjutan, sekaligus memudahkan masyarakat untuk mengenal berbagai produk UMKM yang dihadirkan di marketplace tersebut.
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) sosialisasikan Borneos.co aplikasi berbasis website sebagai suatu ekosistem digital untuk membantu para pelaku usaha di Kota Bontang melakukan promosi dan penjualan secara daring./JIBI-Istimewa
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) sosialisasikan Borneos.co aplikasi berbasis website sebagai suatu ekosistem digital untuk membantu para pelaku usaha di Kota Bontang melakukan promosi dan penjualan secara daring./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Tingkatkan peluang UMKM Bontang melalui marketplace digital PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) sosialisasikan Borneos.co, aplikasi berbasis website sebagai suatu ekosistem digital, untuk membantu para pelaku usaha di Kota Bontang melakukan promosi dan penjualan secara daring. Sosialisasi berlangsung di Gedung Koperasi Karyawan PKT, pada Selasa (8/2/2022).

VP CSR PKT Anggono Wijaya mengatakan Borneos.co sebagai bentuk komitmen PKT untuk membantu pelaku usaha tetap tumbuh dan berkembang di tengah pandemi dengan meningkatkan peluang penjualan secara digital. Sosialisasi diikuti 177 peserta yang terdiri dari mitra binaan perusahaan maupun pelaku UMKM lainnya di Kota Bontang. “Ini merupakan komitmen PKT terhadap pelaku UMKM di Bontang, agar usaha tetap berjalan dan terus berkembang dengan menghadirkan peluang penjualan melalui digital. Apalagi pandemi sangat berdampak ke usaha masyarakat, sehingga perlu upaya untuk mendorong UMKM Bontang tetap tumbuh dan berkembang,” terang Irma.

Melalui Borneos.co, PKT mengajak pelaku UMKM Bontang untuk Go Digital dengan menjangkau pasar yang lebih luas melalui adopsi teknologi secara berkelanjutan, sekaligus memudahkan masyarakat untuk mengenal berbagai produk UMKM yang dihadirkan di marketplace tersebut. Hal ini juga sebagai bentuk kesinambungan langkah PKT dalam memberikan pembinaan terhadap pelaku UMKM dengan membekali peluang usaha secara berkelanjutan, termasuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui ekosistem digital. “Melalui upaya ini, PKT berharap UMKM Bontang dapat tetap eksis dan omset semakin meningkat. PKT berkomitmen tinggi untuk selalu mendukung UMKM agar mampu mengembangkan usaha dengan lebih luas,” tambah Anggono.

Pengelola Borneos.co Kahar Muzakkir, mengungkapkan melalui marketplace ini para pelaku UMKM Bontang bisa menampilkan berbagai produk dan memberikan kemudahan bagi pembeli maupun penjual. Untuk mengakses Borneos.co, pelanggan juga tak perlu ribet menginstal aplikasi di smartphone karena marketplace yang dihadirkan berbasis website. “Borneos.co juga menyediakan kurir untuk mengantarkan seluruh pesanan, sebagai bentuk pelayanan maksimal bagi para pelanggan,” kata Kahar.

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) sosialisasikan Borneos.co aplikasi berbasis website sebagai suatu ekosistem digital untuk membantu para pelaku usaha di Kota Bontang melakukan promosi dan penjualan secara daring. /JIBI-Istimewa
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) sosialisasikan Borneos.co aplikasi berbasis website sebagai suatu ekosistem digital untuk membantu para pelaku usaha di Kota Bontang melakukan promosi dan penjualan secara daring. /JIBI-Istimewa

Kehadiran Borneos.co sebagai suatu ekosistem digital bagi UMKM tak hanya mewadahi penjualan dan promosi saja, tapi juga membekali pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuan berbisnis online melalui berbagai pembinaan untuk penguatan kapasitas SDM. Para pelaku UMKM yang bergabung di Borneos.co akan dibekali berbagai kemampuan untuk pengembangan bisnis, mulai dari tata cara foto produk yang menarik, cara memasarkan melalui media sosial, hingga dasar-dasar bisnis seperti menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP), membuat laporan keuangan, serta cara memisahkan keuangan pribadi dan bisnis.

“Borneos.co tak hanya sebagai wadah marketplace untuk penjualan semata, tapi juga membekali pelaku UMKM itu sendiri mengembangkan kemampuan dalam berbisnis secara online. Ekosistem itu yang akan kita bentuk agar pelaku UMKM Bontang makin berdaya saing,” tambah Kahar.

Suratmin, salah satu mitra binaan PKT di sektor makanan olahan mengaku tertarik dengan kehadiran Borneos.co, sebagai peluang baru bagi UMKM Bontang untuk merambah pasar secara luas. Dirinya menyebut hal ini menjadi kesempatan bagi usahanya untuk terus tumbuh dan berkembang, apalagi pelaku UMKM akan dibekali berbagai kemampuan untuk pengelolaan dan branding usaha di marketplace digital. “Banyak dari kami yang tidak paham bagaimana cara menjual produk secara online. Semoga dengan Borneos.co kami bisa dibekali kemampuan itu untuk bisa memperluas pasar,” harap Suratmin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper