Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kalsel Bidik Cakupan Vaksinasi Dosis Dua 70 Persen

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyatakan Vaksinasi Bergerak bertujuan untuk menggalakkan upaya vaksinasi agar mewujudkan masyarakat tetap produktif di tengah pandemi COVID-19.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) berupaya kembali melakukan program “Vaksinasi Bergerak” demi mengakselerasi target cakupan vaksinasi sebesar 70 persen.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyatakan Vaksinasi Bergerak bertujuan untuk menggalakkan upaya vaksinasi agar mewujudkan masyarakat tetap produktif di tengah pandemi Covid-19.

"Untuk vaksinasi pertama, Pak Presiden angkat jempol untuk kita, sementara untuk vaksinasi kedua beliau menegaskan agar segera dinaikkan. Artinya lebih banyak lagi masyarakat yang diberikan vaksin," ujarnya, dikutip Jum’at (25/3/2022).

Sahbirin menyebutkan capaian vaksinasi dosis dua di Kalsel baru mencapai 63 persen. "Masyarakat mau di vaksin artinya mau melawan. Melawan penyakit ini target kita 70 persen sebelum bulan Ramadan untuk dosis kedua ini," ucap Sahbirin.

Plt Kadinkes Kalsel Sukamto menyampaikan mendukung program tersebut dalam rangka meningkatkan vaksinasi dosis dua dan tiga.

"Jadi kita akan melakukan vaksinasi massal bergerak guna meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua yang telah ditargetkan sebesar 70 persen oleh Presiden," terangnya.

Dia mencatat vaksinasi di Kalsel untuk dosis pertama 94,40 persen dan vaksinasi dosis kedua 63,12 persen serta vaksinasi dosis ketiga booster 7,11 persen.

"Artinya untuk target vaksinasi dosis dua 70 persen tinggal 6,88 persen yang harus kita kejar, sehingga Gubernur Kalsel memberikan arahan untuk melakukan vaksinasi bergerak lagi. Paling tidak untuk mencapai vaksin kedua 70 persen," terangnya.

Senada, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kalsel Sri Wahyuni menyebutkan vaksinasi bergerak dilakukan dengan analisa dan pengumpulan data terkait capaian vaksinasi dosis kedua yang belum mencapai 50 persen di setiap kabupaten/kota agar dilakukan vaksinasi massal.

Berdasarkan data Dinkes Kalsel, capaian vaksinasi dosis dua di tingkat kabupaten/kota tercatat masih rendah yaitu, Kabupaten Banjar 48,84 persen, Kotabaru 57,14 persen, Batola 49,72 persen, Hulu Sungai Tengah 58,76 persen, Hulu Sungai Utara 53 persen dan Tabalong sebesar 58 persen.

"Sedangkan yang sudah mencapai 70 persen adalah Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Tanah Bumbu untuk dosis kedua," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper