Komunitas Sepeda dan Kemenko Jelajahi Perbukitan Perbatasan Kapuas Hulu

Oleh: Yanuarius Viodeogo 18 Agustus 2017 | 07:01 WIB
Bersepeda/Istimewa

Bisnis.com, PONTIANAK– Komunitas sepeda tergabung dalam West Borneo Tourism Association dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mempromosikan Kapuas Hulu dengan menjelajah perbukitan perbatasan Indonesia-Malaysia menggunakan sepeda.

Sekretaris West Borneo Tourism Association Roni Wang mengatakan, rute yang dilalui dimulai dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau berakhir di bukit Kedungkang Lanjak, Kapuas Hulu dengan jarak mencapai 65 kilometer dengan kondisi perbukitan.

“Bersepeda menjadi pilihan berolahraga tapi menjadi ajang berkumpul dan bersosialisasi termasuk media promosi pariwisata daerah akan keberagaman flora fauna dan budaya di sepanjang perbatasan negeri,” kata Roni dari rilis diterima Bisnis, Kamis (17/8).

Penjelajahan jalan yang menanjak dengan mengengkol pedal sepeda itu, kata dia, merupakan bagian dari rangkaian festival Danau Sentarum Betung Kerihun 2017 ketiga kalinya dan promosi Kapuas Hulu sebagai kabupaten konservasi, kawasan strategis nasional jantung borneo, kawasan perbatasan negara dan kawasan strategi pariwisata nasional (KSPN).

Asisten Deputi Tata Kelola Kehutanan Kementerian KBP selaku Pokja Nasional Heart of Borneo Prabianto Mukti Wibowo mengatakan, kegiatan itu sejalan dengan rencana pencanangan visit HOB year 2018 sebagai sarana promosi ekowisata di jantung Kalimantan.

“Agenda ini tidak saja menikmati keaslian bentang alam hutan tropis tertua di dunia sambil berolahraga yang bermanfaat bagi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim,” tuturnya.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer