Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Direct Call Pelindo IV, Gubernur Kaltim Minta Dukungan Pengusaha

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengimbau pelaku usaha untuk bisa bekerja sama dengan Pelindo IV terkait dengan pelayaran ekspor secara langsung atau direct call.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengimbau pelaku usaha untuk bisa bekerja sama dengan Pelindo IV terkait dengan pelayaran ekspor secara langsung atau direct call.
 
Gubernur Kaltim Awang Faorek Ishak mengatakan, pelaksanaan direct call memerlukan keterlibatan para pengusaha. Pasalnya, keterlibatan para pengusaha eksportir di Kaltim sangat diperlukan untuk menggunakan pelabuhan di Balikpapan.
 
"Kami memang berupaya meningkatkan ekonomi Kaltim salah satunya direct call. Kami imbau untuk membuka kerja sama Pelindo IV dengan masyarakat dan pengusaha. Pelabuhan Kariangau kita sudah bisa digunakan untuk ekspor langsung tanpa harus melalui Jakarta atau Surabaya," ujarnya, belum lama ini.
 
Pihaknya berharap agar kalangan perbankan juga mendukung pelayaran ekspor langsung dengan kemudahan pembayaran Letter of credit (L/C).
 
"Kami berharap para eksportir bisa menggunakan L/C dan langsung ekspor melalui Pelabuhan Kariangau Balikpapan."
 
Saat ini masih banyak pengusaha yang membawa bahan setengah jadi untuk dikemas ke Pulau Jawa dan diekspor melalui Surabaya maupun Jakarta.
 
Padahal, apabila pelaku usaha dan Pelindo IV bekerja sama melakukan direct call dari Pelabuhan Kariangau Balikpapan diyakini akan memacu kawasan industri yang ada di Kaltim.
 
"Direct call ini dapat menjadi stimulus perkembangan kawasan industri Kaltim dan juga mempercepat transformasi di wilayah ini."
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper