Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

54 Menara Pemancar (BTS) On Air Dukung IKN

Kominfo menyebut sebanyak 54 menara pemancar atau base transreceiver station (BTS) 4G sudah mengudara di Kalimantan Timur (Kaltim).
Penampakan salah satu RTGS Satelit Satria-1 Bakti di IKN/Bisnis.com - Dany Saputra
Penampakan salah satu RTGS Satelit Satria-1 Bakti di IKN/Bisnis.com - Dany Saputra

Bisnis.com, PENAJAM PASER UTARA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) menyebut sebanyak 54 menara pemancar atau base transreceiver station (BTS) 4G sudah mengudara atau on air di Kalimantan Timur (Kaltim). 

“Per Agustus 2024, sejumlah akumulasi 261 lokasi akses internet dan 54 BTS 4G sudah on air di Provinsi Kaltim,” kata Direktur Utama Bakti Kominfo Fadhilah Mathar sebagaimana dikutip dari siaran pers, Sabtu (10/8/2024). 

Bakti juga melaporkan sejak 8 Agustus 2024, Program Akses Internet Bakti Kominfo telah melayani total 18.712 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.  Sebanyak 4.078 di antaranya telah dilayani Satria-1 yang memiliki kapasitas 150 Gbps untuk konektivitas internet lebih luas dan cepat dan direncanakan akan digenapkan hingga 20.000 lokasi di 2024.

Pada perkembangan lain, Bakti Kominfo pada bulan ini juga telah mengoperasikan layanan Bakti Akses Internet VSat dari Satria-1 pada 15 titik lokasi publik di sekitar Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan penyediaan akses internet melalui program Bakti Kominfo hadir untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan layanan publik di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

“Konektivitas VSat Bakti Akses Internet melalui Satria-1 sudah on air di 15 titik lokasi sekolah di Provinsi Kaltim,” ujar Budi Arie melalui siaran pers. 

Menkominfo menjelaskan akses internet Bakti Kominfo teknologi Satria-1 untuk memfasilitasi kebutuhan layanan pendidikan khususnya proses belajar mengajar dan layanan publik lainnya.

“Akses Internet Vsat Bakti Kominfo dengan Satria-1 untuk di sekolah dengan kapasitas standar sebesar 4 - 10 Mbps. Internet adalah kanal informasi yang sangat diperlukan oleh peserta didik. Masyarakat yang teredukasi merupakan pondasi penting menuju Indonesia Maju 2045. Saya menghimbau para guru untuk memanfaatkan kapasitas internet ini dengan sebaik-baiknya dan mendampingi anak didiknya dalam bertransformasi untuk mengakuisisi ilmu dan pengetahuan," tuturnya.

Adapun ke 15 lokasi VSat Bakti Kominfo yang sudah on air di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kaltim yaitu :

1. SDN 022 Penajam, Desa Sepan

2. SDN 037 Penajam, Desa Buluminung

3. SDN 004 Penajam, Desa Pantai Lango

4. SDN 007 Penajam, Desa Jenebora

5. SDN 016 Penajam, Desa Gunung Seteleng

6. SMPN 6 Penajam Paser Utara, Desa Semoi Dua

7. SMPN 20 Penajam Paser Utara

8. SDN 007 Sepaku, Desa Mentawir

9. SDN 012 Sepaku, Desa Wono Sari

10. SDN 016 Babulu, Desa Rintik

11. SDN 011 Babulu, Desa Babulu Darat

12. RA Bina Ul Muhajirin, Desa Pegunungan Intan

13. RA Al Furqan, Desa Kampung Baru

14. MI Al Maun Penajam, Desa Salo Loang

15. MA Sepaku, Desa Pemaluan


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler