Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Arus Mudik, Dishub Kaltim Gelar Operasi Simpatik

Mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan Kaltim bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait akan menyiapkan beberapa Pos Simpatik di pelabuhan, bandara, dan terminal.
Pemudik Lebaran menggunakan sepeda motor/Antara-Kristian Ali
Pemudik Lebaran menggunakan sepeda motor/Antara-Kristian Ali

Bisnis.com, SAMARINDA - Mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan Kaltim bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait akan menyiapkan beberapa Pos Simpatik di pelabuhan, bandara, dan terminal.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim Mahmud Samsul Hadi mengatakan penyediaan pos simpatik juga dibuat di jalur padat kendaraan untuk  jalur mudik  Balikpapan-Samarinda dan Bontang.  

"Menjelang Lebaran atau H-7 kita menyiapkan Pos Simpatik di jalur yang ramai dilalui kendaraan. Bekerja sama dengan kepolisian dan Satpol PP. Termasuk juga masyarakat setempat akan kita libatkan," ujarnya, Selasa (28/6/2016). 

Selain memantau lalu lintas, pos tersebut itu juga dapat dijadikan tempat peristirahatan bagi masyarakat yang bepergian dan juga terdapat petugas kesehatan.  "Adapun pengobatan yang disediakan  adalah Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)," katanya. 

Pemberdayaan masyarakat dilakukan untuk menciptakan kondisi yang aman. Selain juga untuk membantu petugas melakukan penanganan ketika terjadi kecelakaan.  

"Masyarakat dilibatkan karena kadang ketika kecelakaan, masyarakat lebih dulu ada dilapangan. Dengan bantuan masyarakat, diharapkan  mengurangi dampak kecelakaan agar tidak lebih  parah," ucap Mahmud. 

Dia menambahkan petugas juga ditempatkan di Pelabuhan Ferry di Balikpapan, untuk mengatur antrian sehingga lebih  tertib pada saat terjadi lonjakan penumpang. Sekaligus  memberikan rasa aman bagi konsumen.

"Pelabuhan ini biasanya banyak dimanfaatkan penumpang kelas ekonomi menengah kebawah. Sehingga dalam waktu puncak bisa sangat padat, sehingga perlu ditertibkan," ucapnya. 

Dia mengimbau para pengusaha angkutan darat melakukan pengecekan terhadap kendaraan. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat menganggu  kelancaran arus lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler