Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Tiga Hal Mengapa Kunjungan Masyarakat ke Puskesmas Meningkat

Dinas Kesehatan Balikpapan mencatat kunjungan ke puskesmas meningkat, yakni mencapai 100-200 kunjungan per hari.
Ilustrasi/Antara Foto
Ilustrasi/Antara Foto

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Dinas Kesehatan Balikpapan mencatat kunjungan ke puskesmas meningkat, yakni mencapai 100-200 kunjungan per hari.

Namun kenaikan jumlah kunjungan itu tidak semuanya disebabkan oleh peningkatkan jumlah orang sakit. Kepala DKK Balikpapan Balerina mengatakan kenaikan kunjungan itu disebabkan oleh tiga hal.

"Pertama, sekarang program BPJS Kesehatan sudah berjalan, jadi banyak pasien yang ke puskesmas untuk ambil rujukan. Kedua, BPJS kan per wilayah kerja. Puskemas di Klandasan itu membawahi dua kelurahan, dan di Sepinggan membawahi tiga kelurahan," jelasnya, Rabu (28/12/2016).

Dengan banyaknya jumlah kelurahan yang harus ditangani, otomatis penduduk yang mengunjungi puskesmas pun akan banyak. Apalagi pada puskemas yang melayani tiga kelurahan.

Selain itu, Balerina mengatakan, puskesmas-puskesmas di Balikpapan kini juga tengah mengurus akreditasi sehingga pelayanan pun ditingkatkan.

Peningkatan kualitas layanan ini bisa jadi turut meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berobat ke puskesmas.

Selain itu, saat ini puskesmas tak hanya melayani penduduk dengan keluhan sakit tetapi juga melayani konsultasi yang berkaitan dengan kesehatan dan gizi.

"Misalnya ibu hamil mau konsultasi gizi ke puskesmas, itu pasti diterima. Jadi sekarang puskesmas tidak melayani orang sakit saja. Orang sehat yang ingin konsultasi pun bisa datang ke puskesmas."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper