PLN Perkuat Kelistrikan di Berau

Oleh: Nadya Kurnia 20 September 2017 | 20:44 WIB
PLN Perkuat Kelistrikan di Berau
Ilustrasi: Pekerja melakukan perbaikan jaringan kabel listrik/Antara-Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT PLN Wilayah Kalimantan Timur dan Utara mengalirkan jaringan listrik di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Segah, Kabupaten Berau, Kaltim, untuk pertama kalinya mulai Rabu (20/9/2017).

Sebelumnya, penduduk desa itu mengandalkan genset pribadi sebagai mesin pembangkit listrik di permukimannya. Sekarang, suplai listrik dipasok oleh Unit Listrik Desa Gunung Sari, dengan daya 200 kW.

Sistem ini juga didukung oleh pasokan excess power dari perusahaan kelapa sawit disana dengan daya mampu mencapai 1 MW. PLN masih akan menambahkan mesin bertenaga diesel sebesar 200 kW untuk menyokong suplai di Kecamatan Segah.

"Saat ini, beban puncak di Kecamatan Segah hanya 180 KW. Artinya, pasokan listrik disana masih sangat cukup, dan berlebih. Kedepan sistem ini masih sanggup melayani penambahan pelanggan hingga 400 pelanggan baru," kata General Manager PLN Kaltimra Riza Novianto Gustam, Rabu (20/9/2017).

Dia juga mengatakan PLN tengah mengupayakan perluasan jaringan tegangan rendah (JTR) untuk calon pelanggan di Segah dan sekitarnya yang saat ini masih belum terjangkau jaringan tegangan menengah (JTM).

"Sedang kami survei untuk usulan perluasannya, agar distribusi aliran listrik untuk masyarakat lebih merata. Jika semuanya lancar, mudah-mudahan tahun depan bisa segera kami eksekusi pengerjaannya," kata Riza.

Pada 2017, PLN tak hanya mulai mengaliri listrik di Desa Harapan Jaya. Saat Ramadan lalu, Desa Purna Sari Jaya di Kecamatan Talisayan, Berau juga telah resmi dialiri listrik oleh PLN.

Terdapat beberapa desa lagi yang masih harus dialiri listrik seperti Desa Tunggal Bumi di Kecamatan Talisayan dan Desa Mangkajang di Berau yang telah dimasukkan ke agenda kerja PLN berikutnya.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya