Ini Strategi Sinas Mas Land Angkat Building Capacity Pedagang

Oleh: Yanuarius Viodeogo 23 November 2017 | 20:32 WIB
Rahadian Anandianto, CSR Officer Sinar Mas Land. Jibi/Yanuarius Viodeogo

Bisnis.com, PONTIANAK – Sinar Mas Land berharap para pedagang di Pasar Rakyat tidak hanya sekadar transaksi jual beli kepada konsumen tetapi memiliki wawasan manajemen keuangan dan lingkungan sekitar pasar.

CSR Officer Sinar Mas Land Rahadian Anandianto mengatakan, pemahaman dan wawasan luas itu bisa diperoleh para pedagang dengan mengikuti program pasar rakyat school sebagai program unggulan CSR Sinar Mas Land dalam upaya meningkatkan building capacity atau pengembangan kapasitas para pedagang di pasar-pasar rakyat yang direvitalisasi Sinar Mas Land.   

“Dalam 1 bulan sekali, ada 30-40 pedagang kumpul, mereka kami ajak berdiskusi bersama ahli, setiap topik berbeda. Misal, pembukuan keuangan dari perbankan, bagaimana cash flow selama ini para pedagang,” kata Raha kepada Bisnis di Pontianak, Kamis (23/11/2017).

Selain itu, lanjutnya, tepat hari ini, di Bumi Serpong Damai (BSD) City Tangerang, sebagai lokasi pasar rakyat hadir Wali Kota Tangerang Airin Rachmi Diany memberikan pemaparan materi soal smart city diharapkan bisa diterapkan dalam pasar rakyat.

“Bagaimana pedagang terbuka dengan kawasan teknologi yang sekarang berkembang dengan cepat. Topiknya beragam, tetapi paling menarik, sejauh ini pedagang ingin tahu tentang keuangan,” ujar Raha.

Pemahaman tentang keuangan dari para pedagang, menurutnya, mulai muncul. Mereka semakin memahami dan bisa memisahkan mana dana untuk keluarga dan biaya untuk berdagang. 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya