Sabet Juara II di Kejurnas, Barongsai Kaltara Siap ke Malaysia & China

Oleh: Eldwin Sangga 06 Desember 2017 | 16:55 WIB
Sabet Juara II di Kejurnas, Barongsai Kaltara Siap ke Malaysia & China
Tim Barongsai Kaltara usai menerima penghargaan/Istimewa

Bisnis.com, TARAKAN – Barongsai Kalimantan Utara (Kaltara) yang diwakili oleh klub barongsai Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menyabet juara II pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Surakarta.

Ferdi, pelatih tim Barongsai Kaltara mengatakan dalam ajang kejurnas diikuti 14 provinsi se-Indonesia. Dari 14 provinisi yang berkompetisi, hanya bisa diwakili 1 tim terbaiknya, dan Kaltara hanya mengirim 1 tim.

“Dalam kejuaraan ini kami ikuti kategori tonggak yang paling bergengsi dan kategori kecepatan,” ujar Ferdi kepada Bisnis.

Lanjut Ferdi, barongsai Kaltara tidak hanya meraih juara II di nomor tonggak, namun tim barongsai Kaltara juga berhasil meraih juara dua harapan dalam ketegori kecepatan. Dalam kejuraan yang berlangsung di Surakarta pada tanggal 1 sampai 3 Desember lalu itu, tim barongsai Kaltara hanya terpaut 0,07 poin dengan sang juara I dari tim barongsai DKI Jakarta.

“Kita juara 2 dengan dapat poin 9,81 beda 0,07 dari Jakarta. Selisih poin ini karena pandangan berbeda dari 7 juri yang ada,” imbuhnya.

Menurut Ferdi, dalam beberapa tahun ini perkembangan Barongsai di seluruh Indonesia sudah berkembang dengan begitu pesat. Hampir semua tim yang mengikutinya memberikan pertunjukkan dengan penuh kejutan.

Namun, lagi-lagi dengan berbekal mental juara tim barongsai Kaltara berhasil meraih juara dua.

“Bisa dibilang puas, namun kami ke depannya bisa diusahakan lebih baik lagi. Targetnya memang 1 dan 2, disetiap kejuraan Kaltara dan Jakarta ini adalah rival berat,” tuturnya.

Tim Barongsai Kaltara sendiri merupakan salah satu Cabang Olahraga (cabor) yang sangat diperhitungkan di kancah nasional dan Internasional.

Sejumlah torehan sudah diraih oleh tim barongsai Kaltara, diantara berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 lalu dan berhasil meraih juara 1 di tahun ajang Kejurnas di Surabaya pada 2015 lalu.

Terlepas daripada itu, pekerjaan besar menanti tim barongsai menanti untuk kedepannya. Sesuai dengan kesepakatannya yang ada, juara 1 dan 2 pada Kejuarnas yang baru-baru berlangsung ini akan mewakili Indonesia di ajang kejuaraan Internasional.

“Tahun depan bulan Juli kita akan ikuti Kejuaraan Internasional di Malaysia dan di bulan Agustus itu kejuaraan internasionalnya akan berlangsung di Tiongkok,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Federasi Olahraga Barongsai (FOBI) Kaltara, Alung Chandra sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh anak buahnya. Namun dirinya tidak ingin anak buah terbuai dengan juara yang didapatkan, pasalnya ia meminta kepada tim Barongsai Kaltara untuk tetap fokus menatap kejuaraan internasional tahun depan.

“Harus tetap latihan, kalau bisa raih juara lagi,” singkatnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya