Telkomsel Kerahkan Mobile BTS di Kalimantan

Oleh: Fariz Fadhillah 21 Desember 2017 | 18:55 WIB
Telkomsel Kerahkan Mobile BTS di Kalimantan
Samuel Pasaribu Vice President ICT Network Management Pamasuka (dua kiri) saat prescon di Makasar, Sulsel/Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN- Potensi melonjaknya trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru, coba diantisipasi oleh pihak Telkomel. 103 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS disiagakan.

Umumnya di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat, salah satunya Kalimantan.

Satu mobile BTS tepatnya di kawasan Balikpapan Kota dikerahkan demi menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi, terutama pada malam pergantian tahun.

"Lapangan Merdeka salah satu dari 13 lokasi secara nasional untuk prioritas utama pengamanan jaringan, di Balikpapan cakupannya se Kalimantan," Vice President ICT Network Management Pamasuka Samuel Pasaribu berujar dalam keterangan resmi, sore tadi.

Seperti mall dan pusat perbelanjaan, obyek wisata, alun-alun, bandara, terminal, stasiun, serta pelabuhan menjadi atensi khusus pihaknya.

Selain Balikpapan, 12 lokasi yang yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan. Yakni, Merdeka Walk (Medan), Jam Gadang (Padang), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta), Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Botani Square (Bogor), Pangandaran (Ciamis), Alun-alun Yogyakarta, Tanjung Kodok (Lamongan), Pantai Kuta (Bali), Manado Town Square, dan Lapangan Merdeka (Ambon).

Sedangkan, mengoptimalkan jaringan 4G dan 3G di 14 pusat perbelanjaan yang diperkirakan mengalami kenaikan penggunaan layanan data pada periode Natal dan Tahun Baru, yakni Medan Fair, Mall Pekanbaru, Bundaran Kelapa Gading Jakarta, Depok Town Square, Mall Living World Alam Sutera, Mall Istana Plaza Paskal Bandung, Mall Ciputra Semarang, Malang Town Square, Lippo Mall Kupang, Duta Mall Banjarmasin, Trans Studio Mall Makassar, dan Maluku City Mall Ambon.

“Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan Natal dan Tahun Baru, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun."

"Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video aktivitas pergantian tahun melalui perangkatnya,"sambungnya.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 35% dibandingkan hari biasa. Umumnya pada periode ini layanan data digunakan pelanggan untuk menyaksikan video dan mendengarkan musik secara streaming, bermain online games, maupun berinteraksi di aplikasi pesan instan dan media sosial.

Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 12% pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 2% dibandingkan hari normal.

Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 158.000 BTS di seluruh Indonesia hingga penjuru Nusantara.

Lebih dari 28.000 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 480 kota kabupaten juga disiagakan untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya