Geliat Wirausaha Menurun, Ini Langkah Pemkab Kotawaringin Timur

Oleh: Newswire 31 Juli 2018 | 18:01 WIB
Ilustrasi wirausahawan muda bekerja dengan perangkat gadget-nya./Reuters-Ibraheem Abu Mustafa

Bisnis.com, SAMPIT – Pemkab Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menilai geliat wirausaha di daerah itu sedang menurun akibat adanya imbas ekonomi nasional dan global.

"Kondisi itu terjadi karena makin ketatnya persaingan di dalam dunia usaha. Hal lain akibat kendala modal dan harga barang yang tidak menentu," kata Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Muhammad Taufiq Mukri di Sampit, ibu kota Kotawaringin Timur, pada Selasa (31/7/2018).

Untuk mengatasi kemungkinan semakin terpuruknya dunia wirausaha tersebut pemerintah daerah akan terus berupaya membantu dan meningkatkan stabilitas serta peningkatan wirausaha baru.

"Tentu kami tidak tinggal diam. Kami akan terus berupaya agar masyarakat bisa membuka usaha mereka dengan gigih dan pintar membaca situasi serta setiap peluang yang ada," ucapnya.

Meski geliat wirausaha menurun, dia yakin bahwa startup baru akan kembali bermunculan dan tumbuh. "Untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru, selain pemerintah daerah sejumlah pihak juga turut membantu guna mendorong masyarakat agar bisa menjalankan kewirausahaan," ucapnya.

Pemerintah daerah juga akan terus mendorong pelaku usaha yang saat ini mampu bertahan agar bisa terus berjalan. "Kami juga akan memfasilitasi setiap pelaku usaha baru dengan memberikan kemudahan dalam mengurus perizinan yang diperlukan," kata Taufiq.

Dengan adanya kemudahan dalam mengurus perizinan diharapkan dapat memberikan semangat kepada para pelaku usaha.

Di sisi lain, kemudahan perizinan juga bisa memberikan nilai yambah bagi daerah, yakni dengan bertambahnya atau meningkatnya sumber pendapatan asli daerah (PAD).

"Kami juga berharap pihak perbankan bisa mendukung program pemerintah daerah dalam menumbuhkembangkan minat masyarakat untuk berwirausaha, terutama dalam penyaluran dana kredit usaha rakyat," tutur Taufiq.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya