Pelindo III Buka Kesempatan UMKM Jadi Mitra Binaan

Oleh: Arief Rahman 21 Agustus 2018 | 16:00 WIB
Pelindo III Buka Kesempatan UMKM Jadi Mitra Binaan
CEO PT Pelindo III Cabang Banjarmasin Ricky Julius Urairal saat memberikan simbolis bantuan permodalan pada salah satu UMKM di Kalsel/Arief Rahman

Bisnis.com, BANJARMASIN- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Banjarmasin masih membuka kesempatan yang sebesar-besarnya bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Banua yang ingin menjadi mitra binaan pihaknya.

Hal tersebut disampaikan oleh CEO PT Pelindo III Cabang Banjarmasin Ricky Julius Urairal disela kegiatan Penyaluran Dana Program Kemitraan Tahap I Tahun 2018, Selasa (21/8/2018) di Aula Sebaguna PT Pelindo III Cabang Banjarmasin.

"Kita masih terbuka bagi UMKM yang berminat menjadi mitra binaan Pelindo. Dengan menjadi mitra binaan UMKM bisa mendapatkan akses permodalan dengan bunga yang hanya berkisar 3 persen tiap tahunnya," tegasnya.

Program Mitra Binaan untuk UMKM diklaim Julius sudah berjalan bertahun-lamanya. Bahkan kini sudah memiliki ratusan UMKM yang menjadi mitra binaan dan sukses mengembangkan bisnisnya.

Untuk penyaluran Program Mitra Binaan Tahap I Tahun 2018 sendiri jumlah modal yang disalurkan mencapai Rp1,1 Miliar lebih dengan 20 UMKM yang menerima. Ada pun besarannya permodalan yang diberikan beragam, mulai dari puluhan sampai ratusan juta rupiah dengan maksimal jangka waktu pinjaman mencapai 3 tahun.

"Bahkan UMKM yang menjadi mitra binaan dan kita bantu permodalannya kini sudah beragam usahanya. Baik itu perdagangan, jasa, kuliner hingga pengrajin sasirangan," tambahnya.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengapresiasi adanya program mitra binaan dari PT Pelindo III Cabang Banjarmasin. Hal ini karena dapat membantu UMKM di Kota Banjarmasin mendapatkan modal usaha dengan bunga murah.

Selain itu program mitra binaan sendiri menurutnya juga sesuai dengan upaya Pemkot Banjarmasin untuk bisa menciptakan 2.500 pengusaha baru selama masa kepemimpinanya untuk mendorong geliat ekonomi mikro di Kota Banjarmasin.

"Kita harapkan program seperti ini bisa diikuti oleh perusahaan plat merah hingga swasta besar lainnya yang usahanya memiliki cabang di Banjarmasin. Jika hal tersebut bisa dilakukan maka tentu ekonomi mikro melalui UMKM di Kota Banjarmasin bisa makin berkembang," imbuhnya.

Dilain pihak, salah satu UMKM mitra binaan Pelindo III Cabang Banjarmasin, Adi Santoso, mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantuan permodalan dengan bunga ringan.

Pengusaha Kain Sasirangan ini pun mengaku akan mempergunakan bantuan permodalan yang didapatnya untuk membeli peralatan produksi agar kuantitas kain sasirangan yang dibuatnya bisa meningkat.

"Kalau produksi meningkat kan secara otomatis omset usaha bisa naik. Apalagi sekarang penjualan kain sasirangan terus mengalami peningkatan seiring dengan komitmen Pemda untuk menggenjot sektor pariwisata di Banua," pungkasnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer