Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kaltim Berharap BPD Kaltim Jadi Agen Pembangunan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara berkomitmen untuk menjadikan BPD sebagai satu-satunya pengelola kas daerah
BPD Kaltim/Jibiphoto
BPD Kaltim/Jibiphoto
Bisnis.com, BALIKPAPAN- Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara berkomitmen untuk menjadikan BPD sebagai satu-satunya pengelola kas daerah.
 
Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak mengatakan Pemprov Kaltim dan Kaltara berkomitmen untuk menjadikan BPD sebagai satu-satunya pengelola kas daerah dalam rangka pengembangan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim agar lebih berdaya saing.
 
BPD diharapkan dapat menampilkan peran sebagai agen pembangunan berjalan optimal.
 
"Saya tegaskan agar pemerintah kabupaten dan kota se-Kaltim dan Kaltara mengoptimalkan dana pemerintah daerah dikelola terpusat di BPD Kaltim bukan di bank lain," ujarnya seperti yang dikutip dari laman Pemprov, Sabtu (30/1/2016).
 
Pengelolaan dana-dana tersebut diperhitungkan dengan imbal hasil sesuai harga pasar dalam hal ini counter rate bukan special rate.
 
Menurutnya, upaya tersebut penting agar BPD Kaltim memiliki daya saing melalui kesinambungan ketersediaan sumber dana murah dalam mendukung ekspansi usaha.
 
Hal itu memungkinkan BPD untuk mendukung program peningkatan perekonomian daerah dengan mengutamakan prinsip efisiensi dan pemerataan pertumbuhan ekonomi.
 
"Khususnya, melalui pembiayaan usaha mikro kecil memengah (UMKM) dan koperasi dengan suku bunga terjangkau sehingga bisa memberikan stimulus bagi pembangunan daerah," ucap Awang.
 
Untuk memperkuat komitmen tersebut, tambahnya, maka telah dilaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham lainnya ketiga tahun 2015 yang dilaksanakan pada 16 Desember 2015 lalu.
 
"Keputusannya menyetujui secara optimal melakukan penyimpanan/pengelolaan keuangan daerah di BPD Kaltim sebagai langkah pembiayaan murah terhadap UMKM dan koperasi," tutur Awang.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper