Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adik Prabowo akan Pasok Air Bersih ke Balikpapan

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyatakan kota minyak direncanakan mendapatkan tambahan suplai air sebanyak 1.000 liter per detik dari pengusaha Hasyim Djojohadikusumo.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BALIKPAPAN — Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyatakan kota minyak direncanakan mendapatkan tambahan suplai air sebanyak 1.000 liter per detik dari pengusaha Hasyim Djojohadikusumo.
 
“Pak Hasyim kemarin menemui saya, beliau bilang dari PT ITCI Kartika Utama di Penajam Paser Utara itu akan memproduksi air 1.000 liter per detik dan bisa disalurkan ke Balikpapan,” tutur Rizal kepada wartawan, kemarin.
 
Selain berencana menyalurkan air, Hasyim yang juga adik dari Prabowo Subianto ini juga dikabarkan hendak membeli kompos dan sisa kotoran dari Balikpapan untuk diproduksi menjadi pupuk untuk kegiatan industri di perusahaan itu.
 
Rizal mengaku dalam perbincangannya dengan Hasyim, air tanah dari PT ITCI akan disalurkan dengan saluran pipa yang nanti akan dibangun sepanjang 35 Km dari Penajam menuju Balikpapan.
 
Namun, dia belum dapat memastikan apakah rencana tersebut akan direalisasikan dalam waktu dekat.
 
Saat ditanya mengenai kepastian proyek itu, Rizal mengatakan proyek-proyek itu belum masuk dalam daftar rencana investasi Kota Balikpapan 2016.
 
Dia berharap dalam tiga tahun ke depan, rencana tersebut dapat direalisasikan.
 
Sebab, saluran air sebanyak 1.000 liter per detik itu mampu menambah pasokan air untuk Balikpapan yang selama ini masih disuplai oleh PDAM dari waduk tadah hujan di Manggar.
 
“Di sana perusahaan itu punya pasokan air besar sekali, jadi itu bisa diproduksi menjadi air bersih yang bisa dimanfaatkan warga.
 
Berapa besar investasi kami belum membicarakan lebih lanjut, karena ini masih sekedar rencana. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa direalisasikan,”
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper