Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pinjaman Bergulir UMKM Balikpapan, Telkom Rogoh Kocek Rp1,7 Miliar

PT Telkom Tbk Regional Kalimantan menyalurkan dana pinjaman bergulir senilai Rp1,7 miliar untuk periode kuartal I/2016 kepada 74 mitra UMKM binaan Telkom di Balikpapan.
Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Telkom Tbk Regional Kalimantan menyalurkan dana pinjaman bergulir senilai Rp1,7 miliar untuk periode kuartal I/2016 kepada 74 mitra UMKM binaan Telkom di Balikpapan.
 
"Program ini salah satu tanggung jawab kami sebagai BUMN sekaligus pelaku usaha di Balikpapan agar turut memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar," tutur Manager HR dan CDC Witel Balikpapan Samsul Huda, Kamis (31/3/2016).
 
Dari 74 mitra binaan yang memperoleh dana pinjaman itu, 14 mitra diantaranya merupakan mitra eksisting. Sementara 60 mintra binaan lainnya merupakan mitra baru.
 
Dia mengatakan, plafon pinjaman yang didapat oleh masing-masing penerima disesuaikan dengan kegiatan usahanya. Sektor usaha perkebunan mendominasi penyaluran pinjaman dengan total 28 mitra binaan.
 
Sisanya berasal dari sektor perdagangan sebanyak 24 mitra, sektor industri sebanyak 14 mitra, dan lain-lain. Dari 74 mitra itu, hanya 14 mitra binaan existing. 60 pelaku usaha lainnya merupakan pendatang baru.
 
"Ya, kami memberikan kesempatan kepada semua pelaku usaha."
 
Tak hanya menyalurkan pinjaman, Telkom juga memberikan pembekalan kepada mitra binaannya mengenai seluk-beluk dunia usaha dan pengembangan usaha secara online.
 
Lebih jauh Samsul mengatakan, Telkom telah menyalurkan dana bergulir sejak 2002, dengan total dana yang terserap mencapai Rp46,7 miliar dan jumlah mitra sebanyak 1.909. Adapun rasio kredit bermasalah diakui Samsul hanya mencapai 2%.
 
"Tingkat kesadaran mitra dalam mengembalikan dana pinjaman cukup tinggi. Ini kan dana bergulir, dana yang sudah dikembalikan akan disalurkan ke mitra lainnya."
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper