Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelindo IV Jajaki Direct Call dari Kalimantan dan Papua

Sebelumnya, pelayaran internasional langsung telah berhasil dibuka oleh Pelindo IV Makassar, dari Makassar menuju Hongkong.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 03 April 2016  |  12:15 WIB
Pelindo IV Jajaki Direct Call dari Kalimantan dan Papua
Ilustrasi - JIBI
Bagikan
Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Pelindo IV (Persero) tengah merintis pembukaan pelayaran internasional langsung atau direct call dari area Kalimantan dan Papua.
 
Sebelumnya, pelayaran internasional langsung telah berhasil dibuka oleh Pelindo IV Makassar, dari Makassar menuju Hongkong.
 
Pada Jumat (1/4), jajaran direksi PT Pelindo IV telah berembuk bersama perusahaan pelayaran, SITC Container Lines Co Ltd, untuk meloloskan rencana tersebut.
 
"Pelayaran internasional langsung dari Kalimantan Timur akan menguntungkan masyarakat karena harga barang bisa lebih murah," tutur General Manager PT Pelindo IV Balikpapan M. Subiyan, Minggu (3/4/2016).
 
Menurutnya, dengan adanya pelayaran internasional langsung, biaya logistik dapat ditekan hingga 40%. Lama perjalanan yang ditempuh selama pengiriman pun lebih singkat.
 
Waktu tempuh yang biasanya sampai 30 hari, kata dia, bisa dipersingkat menjadi 14 hari.
 
"Karena sebelumnya rutenya berputar ke daerah lain seperti Surabaya, Jakarta dan Singapura, akibatnya double handling. Dengan adanya direct call kapal akan berlayar langsung tidak ada double handling, jadi menghemat cost," sambungnya.
 
SITC Container Lines Co Ltd. merupakan perusahaan pelayaran logistik yang berminat menjalin kerja sama dengan Pelindo IV untuk bersama-sama membuka pelayaran internasional langsung.
 
Dalam rencana kerja sama ini, Pelindo selaku pengelola pelabuhan akan membantu SITC mencari komoditas potensial di masing-masing daerah untuk diangkut ke luar negeri.
 
"Jadi tugas Pelindo tidak hanya menerima barang tapi mencari komoditas ekspor untuk membantu mengisi kapal karena kalau volume (muatan) kecil tidak akan jalan."
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelayaran
Editor : Yoseph Pencawan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top